Yesus Ingin Membagi Beban Anda

Yesus Ingin Membagi Beban Anda

08 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Matius 11:28-30 “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”

Saya tak tahu beban apa yang sedang Anda pikul.
Saya tak tahu apa yang sedang membebani Anda.
Tapi saya tahu jawaban untuk masalah Anda.

Yesus berkata, “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan”
(Matius 11:28-30).

Selama bertahun-tahun, saya tidak pernah mengerti apa maksud Yesus, “Pikullah kuk yang Kupasang.” Itu membuat saya berpikir, “Tuhan, apakah Engkau ingin memberikanku beban lain? Bebanku sudah cukup berat! Aku tidak mau menanggung beban-Mu padaku!”

Kemudian saya tahu bahwa kuk adalah sepotong kayu besar yang melengkung yang diletakkan di atas pundak hewan ternak untuk menarik kereta.

Manfaat kuk yaitu membagi beban setengah. Tanpa kuk, seekor sapi harus menarik seluruh beban sendiri. Tetapi jika Anda memasangkannya pada dua ekor sapi, maka kedua hewan itu menarik beban bersama-sama, menjadikannya setengah berat.

Maka, ketika Yesus menyuruh Anda untuk memikul kuk-Nya, Dia tidak mengatakan bahwa Dia akan memberi Anda masalah-masalah-Nya. Yesus tidak punya masalah! Sebaliknya, Dia ingin berbagi masalah Anda. Dia ingin berbagi beban Anda. Dia ingin membawa serta stres Anda pada diri-Nya sendiri dan menanggungnya dengan Anda.

Wow!

Yesus menggunakan tiga kata kerja penting dalam Kitab Suci ini: datang, belajar, dan pasang. Itu seperti yang Yesus katakan, “Marilah bergabung dengan saya sehingga Anda dapat belajar bagaimana saya melakukannya. Ambillah beban yang lebih ringan yang akan mengurangi stres Anda dan yang membuat masalah Anda lebih mudah dikendalikan. Ketika Anda memikul kuk dengan Kristus, Anda berjalan bersama-sama dengan Dia. Anda bergerak ke arah yang sama dan dengan kecepatan yang sama. Anda bergerak ke arah yang benar dan dengan kecepatan yang tepat. Dan Anda bergerak dengan beban yang lebih ringan.

Renungkan hal ini:
– Mengapa kadang sulit untuk menerima bantuan dari seseorang yang ingin berbagi beban Anda sehingga lebih meringankan Anda—bahkan ketika seseorang itu adalah Yesus?
– Pikirkan tentang seorang rekan Kristen yang sedang memikul beban berat. Apa cara praktis yang dapat Anda pakai untuk memotivasi mereka agar mau membiarkan Yesus berbagi beban itu?
– Yesus sudah tahu semua tentang stres Anda. Apakah Anda siap untuk memasang kuk-Nya? Jika tidak, apa yang sedang menahan Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 20-22; Matius 6:19-34

Ketika Anda menyerahkan beban Anda pada Yesus, artinya Anda percaya sepenuhnya bahwa Dia akan menyelesaikannya bagi Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)