Untuk Berubah, Isi Hidup Anda dengan Kasih

Untuk Berubah, Isi Hidup Anda dengan Kasih

15 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 12:4-5 “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Jika Anda menginginkan perubahan yang kekal dalam hidup Anda, maka Anda harus mengisi hidup Anda dengan kasih.

Kasih adalah satu-satunya hal yang bisa mengubah yang tidak bisa diubah. Kasih menyembuhkan, mendorong, menguatkan, memberi energi, menyegarkan, dan memperbaharui. Kasih adalah kekuatan yang paling kuat di alam semesta, karena seperti yang dikatakan dalam 1 Yohanes 4:8, “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.”

Sebagai orang Kristen, di mana Anda menemukan kasih seperti ini? Dalam komunitas dengan orang percaya lainnya. Allah mengatur alam semesta ini sedemikian rupa agar kita saling membutuhkan. Saya membutuhkan Anda, dan Anda membutuhkan saya. Ungkapan “saling” digunakan sebanyak 58 kali dalam Perjanjian Baru, seperti saling mengasihi, saling peduli, saling membangun, saling menopang, saling mendoakan, saling memberi salam, saling memberi.

Allah tidak menciptakan Anda untuk menjalani hidup seorang diri. Alkitab berkata dalam Roma 12:4-5, “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Apa artinya “kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain”? Itu artinya Anda membutuhkan orang-orang di sekitar Anda, dan begitu pula sebaliknya. Anda menjadi keluarga spiritual bagi satu sama lain. Anda membantu mencapai tujuan dan mendorong satu sama lain untuk menjadi semakin serupa dengan Kristus.

Alkitab begitu jelas menerangkan seperti apa kasih dalam keluarga rohani itu: “Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat”
(Roma 12:9-10).

“Saling mendahului dalam memberi hormat”—Saya suka pesan ini! Anda tahu apa artinya? Artinya, ketika orang-orang di komunitas Kristen Anda berhasil dalam kesehatan, keuangan, atau dalam tujuan apa pun yang telah mereka tetapkan, Anda merayakannya bersama mereka. Dan ketika hidup ini terasa sulit, merekalah yang pertama datang menghibur dan mendukung Anda.

Inilah hal yang menakjubkan: Allah saling menghubungkan alam semesta ini supaya ketika Anda membantu orang lain, Dia juga bekerja dalam permasalahan Anda. Ada penyembuhan ketika kita saling membantu.

Ingatkah ketika Ayub kehilangan segalanya; kesehatannya, keluarganya, dan kekayaannya? Di akhir cerita, Allah mengembalikan semuanya kepada Ayub—karena ia berdoa, bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk sahabat-sahabatnya. Alkitab berkata, “Lalu TUHAN memulihkan keadaan Ayub, setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dan TUHAN memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu”
(Ayub 42:10).

Renungkan hal ini:
– Perubahan apa saja yang ingin Anda buat dalam hidup Anda tahun ini? Bagaimana dukungan dari keluarga rohani Anda dapat membantu Anda mencapai gol-gol itu?
– Bagaimana Allah bekerja dalam hidup Anda sebagaimana selama ini Anda mengasihi orang percaya lainnya?
– Siapa sajakah orang dalam hidup Anda yang membutuhkan kasih serta dukungan Anda atau yang membutuhkan Anda untuk merayakan bersama mereka hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja – raja 22 – 23 ; Yohanes 4 : 31 – 54

Apakah Anda memerlukan perubahan positif dan kekal ketika Anda berusaha mencapai tujuan Anda? Isi diri Anda dengan kasih, dan kemudian lihatlah bagaimana Tuhan bekerja dalam hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)