Tujuan yang Kudus Memberi Anda Harapan untuk Bertahan

Tujuan yang Kudus Memberi Anda Harapan untuk Bertahan

02 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Filipi 3:12 “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.”

Kemarin kita berbicara tentang tiga alasan mengapa Anda perlu menetapkan tujuan-tujuan dalam hidup. Hari ini kita akan membahas tiga hal lagi mengapa menetapkan tujuan dan gol itu sangatlah penting, bahkan Yesus pun membuat gol untuk diri-Nya sendiri.

1. Tetapkan tujuan Anda karena itu memberikan harapan untuk terus melangkah dan bertahan.
Ayub berkata, “Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar?”
(Ayub 6:11).
Untuk dapat terus berjalan, Anda memerlukan gol atau sasaran.

Sebagai motivasi, gol Anda tidak perlu besar. Misalnya, apabila Anda harus melakukan prosedur operasi, maka gol pertama Anda adalah duduk di tempat tidur. Lalu berdiri, dan kemudian berjalan menyusuri lorong rumah sakit.

Itu mungkin nampak seperti gol yang remeh, tapi semua itu penting buat Anda. Untuk dapat melangkah dari tempat Anda sekarang ke tempat yang Anda inginkan tidak dikerjakan dengan satu lompatan besar. Itu butuh banyak langkah kecil.
Sebuah tujuan tidak harus besar untuk jadi penting. Tujuan yang kecil sekali pun bisa menjadi penyemangat Anda untuk terus maju.

2. Tetapkan tujuan Anda karena itu membangun karakter Anda.
Manfaat terbesar bagi hidup Anda bukanlah pencapaian Anda, melainkan apa yang terjadi di dalam diri Anda saat Anda mengejar tujuan Anda.

Tuhan lebih tertarik pada karakter Anda daripada pencapaian Anda. Ketika Anda berusaha mencapai gol Anda, Tuhan sedang bekerja di dalam Anda. Dia sedang membangun karakter Anda sebab itulah yang akan ada kekal selamanya.

Itulah sebabnya Paulus berkata dalam Filipi 3:12, “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.” Diperlukan energi, usaha, dan niat untuk mencapai gol Anda, dan buahnya adalah Anda menjadi semakin seperti Kristus.

3. Tetapkan tujuan Anda sebab tujuan yang baik akan mendatangkan upah. Amsal 11:27 mengatakan, “Siapa mengejar kebaikan, berusaha untuk dikenan orang, tetapi siapa mengejar kejahatan akan ditimpa kejahatan.” Ketika Anda memberikan hidup Anda untuk tujuan-tujuan yang baik, maka itu mendatangkan kemuliaan dan memberikan warisan yang baik di bumi. Dan upah yang nyata karena menetapkan tujuan-tujuan yang baik ialah surga yang kekal.

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 9:25-26, “Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi. Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.”

Renungkan hal ini:
– Apabila Anda berkecil hati hari ini, tetapkanlah beberapa tujuan baru. Apa yang bisa Anda lakukan yang akan memotivasi dan mendorong Anda ketika Anda mengejar tujuan Anda?
– Apa satu hal yang Anda pelajari tentang diri Anda ketika berusaha mengejar suatu tujuan? Apa satu hal yang telah Anda pelajari tentang Tuhan seiring dengan proses tersebut?
– Bagaimana tujuan-tujuan Anda menggambarkan apa Anda harap Tuhan lakukan di dalam Anda dan melalui Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 4-6; Matius 2

Paulus adalah seorang yang menetapkan tujuan. Tuhan pun ingin Anda menjadi demikian agar dapat menerima upah yang telah Dia siapkan untuk Anda di surga.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)