Tuhan Mengganjar Kesetiaan Finansial Anda

Tuhan Mengganjar Kesetiaan Finansial Anda
 
08 Juli 2022
 
Bacaan Hari ini:
Matius 25:21 “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”
 
 
Uang adalah ujian nyata dari kesetiaan Anda. Tuhan menggunakannya lebih dari hal apa pun dalam hidup Anda untuk menguji iman Anda. Mengapa? Karena itu adalah hal yang paling sulit dilakukan.
 
Lihatlah ganjaran yang Tuhan beri atas pengelolaan uang yang bijak: “Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” 
(Matius 25:21). 
 
Berikut ini konsep restitusi: Tuhan akan memberi Anda imbalan atas pengelolaan uang Anda yang baik.
 
Matius 25 memberi tahu tiga langkah untuk lolos dari ujian finansial: penegasan, promosi, dan perayaan. 
 
Langkah pertama, Tuhan menegaskan Anda dengan berkata, “Kerja bagus! Aku sedang mengujimu untuk melihat apakah engkau dapat dipercaya dengan apa yang Kuberikan kepadamu, dan melihat engkau lulus dari ujian itu. Selamat, wahai hamba yang baik dan setia!
 
Langkah kedua adalah promosi. Ketika Anda menunjukkan kesetiaan akan beberapa hal, Tuhan akan memberi Anda tanggung jawab yang lebih besar.
 
Dan kemudian, ketika Anda memperlihatkan tanggung jawab Anda, Tuhan akan merayakannya bersama Anda. Anda berbagi kebahagiaan Anda dengan Tuhan!
 
Yesus berkata, “Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon” 
(Matius 6:24).
 
Perhatikan, Yesus tidak berkata agar Anda tidak boleh mengabdi kepada Tuhan dan uang. Tetapi Dia berkata bahwa Anda tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Maka, Anda harus mengambil keputusan apa yang akan menjadi nomor satu dalam hidup Anda: Tuhan atau uang.
 
Ketika uang menguasai Anda, maka Anda akan selalu berada di bawah tekanan. Anda akan selalu khawatir. Anda akan selalu gelisah.
 
Namun, ketika Anda menjadi tuan atas uang Anda—ketika Anda menjadikannya sebagai hamba Anda—itu akan mengabdi pada Anda. Dan hasilnya, Anda akan memiliki kedamaian.
 
Renungkan hal ini:
– Jika Tuhan mengaudit keuangan Anda, apa nilai yang akan Dia beri untuk Anda, dan mengapa?
– Kapan uang pernah menjadi tuan atas Anda? Kapan Anda pernah menjadi tuan atas uang Anda? Apa perbedaan yang terjadi dalam hubungan Anda dengan Tuhan selama waktu itu?
– Bagaimana Anda dapat mengelola uang Anda dengan lebih bijak, sehingga uang itu bekerja untuk untuk Anda, alih-alih mengendalikan Anda?
 
 
Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 36-37; Kisah Para Rasul 15:22-41
 
 
Uang merupakan hamba yang hebat tetapi tuan yang mengerikan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)