Tuhan Mengarahkan dan Melindungi

Tuhan Mengarahkan dan Melindungi

02 April 2022

Bacaan Hari ini:
Yesaya 53:6 “Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.”

Tuhan melihat setiap orang berharga dan layak untuk dicari, ditemukan, dan diselamatkan. Alkitab mengatakan bahwaTuhan “menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran”
(1 Timotius 2:4)

Tetapi banyak orang yang tersesat secara rohani. Mereka mengikuti rencana mereka sendiri buat hidup mereka, daripada rencana Tuhan.

Tetapi apa yang sebenarnya terhilang dari orang-orang yang tersesat secara rohani ini? Mereka kehilangan lima hal, tetapi hari ini kita hanya akan melihat dua hal: Mereka kehilangan arah dan perlindungan mereka.

Anda dapat melihat ini dalam perumpamaan tentang domba yang hilang dalam Lukas 15:3-6. Kisah ini ialah tentang seorang gembala yang meninggalkan 99 dombanya yang sudah aman untuk mencari satu dombanya yang tersesat. Dia tidak berkata, “Saya masih punya 99 domba yang sudah selamat, jadi lupakan saja yang hilang!” Tidak, sebaliknya, semua domba itu sama penting baginya. Maka, dia dengan suka cita menemukan domba yang hilang itu, “Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira”
(Lukas 15:5) lalu pulang untuk merayakannya.

Seperti domba, orang yang tersesat secara rohani bisa kehilangan arah. Malah, semua manusia memang seperti ini. Anda tidak berniat tersesat. Anda hanya berpikir, “Rumput di sana tampak lebih hijau” Dan segera Anda mengikuti jalan Anda sendiri dan pada akhirnya kehilangan arah.

Alkitab berkata, “Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian”
(Yesaya 53:6).

Hal lain yang terhilang secara rohani dari orang-orang yang tersesat ini ialah perlindungan Tuhan. Sama seperti domba yang mengembara jauh dari penggembalanya, Anda pun bisa juga menjadi rentan saat tidak memiliki gembala untuk melindungi Anda dari serigala kehidupan. Itulah sebabnya Anda perlu ikut Yesus, Gembala yang Baik. Jika tidak, Anda sendirian dan tidak berdaya—dan Anda kehilangan perlindungan Tuhan.

Alkitab juga berkata, “Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat, dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah dusta, dan mimpi-mimpi yang disebutkan mereka adalah hampa, serta hiburan yang diberikan mereka adalah kesia-siaan. Oleh sebab itu bangsa itu berkeliaran seperti kawanan domba dan menderita sengsara sebab tidak ada gembala”
(Zakharia 10:2).

Tetapi ketika Anda menempatkan diri Anda di bawah pemeliharaan Gembala yang Baik, maka Anda akan mendapatkan arahan dan perlindungan. Ini bukan berarti Anda akan bebas dari masalah, tetapi “bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah”
(Roma 8:28).

Renungkan hal ini:
– Kapan Anda pertama kali menyadari bahwa Anda berarti bagi Tuhan? Keadaan atau siapa yang membantu Anda menyadari hal ini?
– Kebiasaan sehari-hari apa yang membuat Anda tetap dekat dengan Yesus, Gembala yang Baik? Kebiasaan apa yang membuat Anda lebih cenderung membuat Anda melenceng dari-Nya?
– Siapa dalam hidup Anda yang tampaknya tidak memiliki arahan dan perlindungan Tuhan? Buat rencana untuk memberi tahu mereka betapa berharganya mereka bagi Tuhan.

Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 14-17; Lukas 7:1-30

Mungkin saat ini Anda atau seseorang yang Anda kenal kurang mengikuti arahan dan perlindungan Tuhan. Ingat: Yesus adalah Gembala yang Baik yang melihat semua orang teramat berharga dan “menghendaki supaya semua orang diselamatkan.”
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)