Tuhan Membuat Kita Saling Bekerja Sama

Tuhan Membuat Kita Saling Bekerja Sama

03 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 2:10 “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Allah menempatkan Anda di Bumi untuk melakukan pekerjaan tertentu yang hanya dapat dikerjakan oleh Anda. Alkitab mengatakan demikian: “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”
(Efesus 2:10)

Dengan kata lain, Allah menciptakan Anda supaya Anda dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan baik. Bahkan, jauh sebelum Anda lahir, Dia telah merancang apa yang akan Anda lakukan sepanjang hidup Anda. Dia memberi Anda kemampuan alami khusus serta persoalan-persoalan hidup yang Anda perlukan untuk Anda selesaikan. Namun ketahuilah, Dia tidak pernah merancang Anda untuk melakukannya sendiri. Anda membutuhkan orang lain untuk bekerja sama dengan Anda.

Tentu Anda tahu bagiamana rasanya ketika mengerjakan terlalu banyak pekerjaan sendiri. Anda menjadi begitu kelelahan. Mengapa? Sebab Anda mencoba melakukan pekerjaan Anda seorang diri, sementara Tuhan tidak pernah merancang Anda untuk itu. Untuk itu, komunitaslah jawaban Tuhan atas kelelahan.

Alkitab mengatakan “Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka”
(Pengkhotbah 4:9). Ketika bekerja sebagai sebuah tim, Anda mampu menyelesaikan lebih banyak hal. Plus, memiliki rekan tim yang baik di samping Anda jauh lebih menyenangkan dan tidak terlalu melelahkan!

Bayangkan ini: Masing-masing dari kita ibarat sebuah kepingan salju. Sendiri, Anda tidak bisa membuat perbedaan besar. Namun, ketika satu kepingan salju yang rapuh menempel dengan banyak kepingan salju lainnya, mereka dapat menghentikan lalu lintas. Layaknya kepingan-kepingan salju, kita dapat membuat satu perbedaan besar ketika kita bekerja bersama, saling mengerjakan bagian kita masing-masing.

Tahukah Anda bahwa ketika Anda bekerja sama dengan orang lain di Bumi ini, Anda sebenarnya sedang latihan untuk bekerja sama di surga? Di surga, Anda tetap harus bekerja, tetapi masing-masing dari kita hanya memiliki sedikit porsi pekerjaan sehingga Anda tidak akan pernah menjadi kelebihan beban atau kelelahan. Tidak ada yang akan memikul beban berat, tetapi karena kita saling mengerjakan bagian kecil kita masing-masing, maka semua pekerjaan akan cepat selesai.

Dalam menjalani kehidupan ini, ingatlah bahwa Anda tidak seharusnya melakukan segalanya sendiri. Anda butuh orang lain untuk berjalan di samping Anda—dan Anda juga butuh orang lain untuk bekerja bersama Anda.

Renungkan hal ini:
– Kapan Anda pernah mencoba menyelesaikan terlalu banyak pekerjaan sendirian daripada bekerja bersama dengan orang lain? Bagaimana hasilnya?
– Pekerjaan apa yang Anda percaya Tuhan ingin Anda kerjakan? Bagaimana Anda bisa mengajak orang lain untuk bekerja bersama Anda dalam hal itu?
– Ketika orang Kristen bekerja sama untuk mendatangkan lebih banyak bagi kemuliaan Allah, kesaksian seperti apa yang hendak disampaikan kepada seluruh dunia?

Bacaan Alkitab Setahun :
I Raja – raja 14 – 15 ; Lukas 22 : 21 – 46

Ketika Anda berbagi beban pekerjaan Anda dengan sesama orang Kristen, Anda akan menyadari bahwa Anda mencapai lebih banyak untuk kemuliaan bagi Allah.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)