Tuhan Dapat Menggunakan Kesalahan Anda untuk Kebaikan-Nya

Tuhan Dapat Menggunakan Kesalahan Anda untuk Kebaikan-Nya

 

20 Oktober 2022

 

Bacaan Hari ini:

Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

 

 

Mari kita jujur. Adakalanya Anda dan saya melakukan hal-hal bodoh. Kita semua pernah melakukan kesalahan.

 

Tetapi tak ada satu *pun kesalahan Anda yang tidak bisa Tuhan gunakan. Anda bisa melakukan kesalahan, tetapi tidak dengan Tuhan.*

 

Alkitab mengatakannya seperti ini dalam Roma 8:28: “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

 

Sebelumnya, biarkan saya perjelas. Itu bukanlah janji bagi semua orang. Ayat itu tidak mengatakan bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang hidup memberontak melawan Dia atau bagi mereka yang tidak menjalani hidup seturut kehendak-Nya.

 

Janji ini ditujukan bagi orang-orang yang datang kepada Allah dan berseru, “Aku ingin hidup seturut dengan tujuan-Mu. Aku memang tak selalu benar. Tetapi aku ingin melakukan hal yang benar. Aku ingin percaya kepada Engkau, dan aku ingin ikut Engkau.” Lakukanlah itu, dan Tuhan akan mengambil semua dosa dan kesalahan Anda, dan menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan.

 

*Itulah alasan untuk bersukacita.*

 

Ketika Anda menyerahkan hidup Anda di tangan-Nya, itu bukan berarti Anda tidak akan pernah membuat kesalahan lagi. Anda akan masih membuat keputusan yang buruk. Anda akan masih berbuat dosa. Akan tetapi, *Tuhan dapat menggunakan semua kesalahan Anda itu ke dalam rancangan-Nya.*

 

Tidak ada rencana B atas hidup Anda. Tuhan tahu semua kesalahan yang akan Anda buat jauh sebelum Anda dilahirkan. Dia juga tahu bahwa Dia dapat menggunakan kesalahan Anda itu ke dalam rancangan-Nya.

 

Artinya, Anda bisa beristirahat di dalam Dia. Anda bisa berhenti untuk khawatir. Lakukanlah yang terbaik dengan segala yang telah Tuhan anugerahkan.

 

Renungkan hal ini:

– Bagaimana selama ini Anda melihat Tuhan mengubah kesalahan Anda menjadi sutau kebaikan? Bagaimana Anda pernah melihat Dia melakukan itu dalam kehidupan orang lain?

– Jika Anda tahu bahwa Tuhan dapat menggunakan apa saja untuk kebaikan, bagaimana hal itu membantu Anda untuk melepaskan kesalahan masa lalu Anda?

– Langkah iman apa yang akan Anda ambil dengan segenap keyakinan bahwa Allah sedang bekerja untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup Anda?

 

 

 Bacaan Alkitab Setahun :

Yeremia 25-28; I Tesalonika 4 : 1-12 

 

 

*Ketika Anda berbuat suatu kesalahan bodoh, Allah berjanji Dia dapat menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan.*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)