Tuhan adalah Pintu Menuju Kemerdekaan

Tuhan adalah Pintu Menuju Kemerdekaan

17 April 2022
Bacaan Hari ini:
Yohanes 10:9 “Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.”

Dipenjara bukan selalu berarti berada di balik jeruji besi. Mengapa? Karena penjara yang paling umum adalah di dalam pikiran Anda.

Sebuah hubungan bisa menjadi penjara ketika itu membuat Anda merasa terjebak. Hutang bisa menjadi penjara menyesakkan yang Anda rasa mustahil buat melarikan diri. Tradisi bisa menjadi penjara ketika itu mengekang Anda untuk memeluk kemerdekaan yang Tuhan ingin Anda miliki. Kenangan yang menyakitkan bisa mengunci Anda di balik pintu baja luka. Begitu pula dengan depresi, kelelahan, dan rasa malu.

Tetapi kabar baiknya adalah Tuhan hendak membebaskan Anda!

Tuhan ingin menyelamatkan Anda. Ketika Dia membuka pintu, itu merupakan jalan menuju sesuatu yang baik. Namun, sebelum Dia dapat membawa Anda ke tempat yang Dia kehendaki, Dia harus terlebih dulu mengeluarkan Anda dari penjara yang menahan Anda.

Bagaimana cara Tuhan melakukannya?

Pertama, Dia akan mengguncang hidup Anda. Ketika Paulus dan sahabat-sahabatnya dikurung di dalam penjara dalam Kisah Para Rasul 16, Tuhan mendatangkan sebuah gempa bumi. Sama halnya, terkadang Tuhan harus menggguncang fondasi Anda—khususnya dasar iman Anda—untuk membawa Anda keluar dari penjara Anda. Dia akan mengirimkan gempa ke dalam hidup Anda untuk menggoyahkan iman Anda agar Anda siap untuk menerima kemerdekaan yang hendak Dia beri kepada Anda.

Kedua, Dia akan menghubungkan Anda dengan kuasa Kebangkitan-Nya. Itulah yang disebut Paskah. Kebangkitan Yesus ialah peristiwa paling memberikan pengaruh dalam sejarah. Tuhan membuat kekuatan itu ada buat Anda setiap hari. Paulus berkata dalam Efesus 1:19-20, “Dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di surga.”

Renungkan hal ini:
– Menurut Anda mengapa Tuhan harus mengguncang hidup kita terlebih dulu untuk memerdekakan kita?
– Penjara apa yang Anda masuki sekarang di mana Anda sangat membutuhkan Tuhan untuk membebaskan Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Samuel 1-2; Lukas 14:1-24

Kuasa sama yang membuka kubur Yesus juga akan membuka pintu penjara yang sedang menahan Anda. Itulah kemerdekaan yang sejati! Anda hanya perlu percaya dan beriman bahwa Tuhan hendak memberikan keselamatan kepada Anda dengan cara-Nya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)