Tuhan ada di dalam Anda, bersama Anda, dan untuk Anda

Tuhan ada di dalam Anda, bersama Anda, dan untuk Anda

17 Juni 2022

Bacaan Hari ini:
Filipi 2:13 “Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.”

Filipi 2:13 mengatakan, “Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.”

Tuhan bekerja di dalam Anda. Kata “bekerja” dalam bahasa Yunani adalah kata energos, dari situlah kita mendapat kata “energi.” Allah adalah penggerak energi dalam hidup Anda. Anda hidup bukan hanya karena kemauan keras. Anda tidak bisa serta merta menggunakan kekuatan Anda sendiri. Allah berfirman bahwa Dia akan memberikan Anda kekuatan yang Anda butuhkan, apa pun masalahnya.

Bukan hanya ada di dalam Anda, tetapi Dia juga ada bersama Anda. Alkitab berkata, “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu”
(Yohanes 14:18, 20).

Sungguh sebuah janji yang luar biasa! Alkitab mengatakan bahwa Kristus ada di dalam Anda, bahwa Anda dilindungi dengan kuasa-Nya dan bahwa Anda dimeteraikan dengan Roh Kudus. Itu artinya untuk Iblis bisa mencobai Anda, maka ia harus melewati Allah Tritunggal. Bukankah itu perlindungan yang luar biasa dan memberikan kelegaan dari rasa takut?

Allah tidak hanya ada di dalam Anda, tetapi Dia juga ada untuk Anda.
Mazmur 23:6 mengatakan, “Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.”

Ketika seorang gembala memimpin kawanan domba, para anjing penjaga selalu berada di belakang barisan, menjaga dan memastikan jika domba tersebut bergerak ke arah yang benar. Alkitab mengatakan bahwa anjing penjaga dalam hidup Anda ialah kebaikan dan kemurahan hati Allah.

Kebaikan dan kemurahan hati Allah akan senantiasa bekerja di dalam hidup Anda. Dia memberikan Anda hal-hal yang tidak sesungguhnya tidak pantas Anda terima—itulah kebaikan-Nya. Dan Dia tidak memberi Anda hukuman yang sepantasnya Anda terima akibat dosa-dosa Anda—itulah kemurahan hati-Nya.

Kebaikan-Nya itu bukan hanya berupa berkat-berkat yang Anda rasakan sekarang, tapi juga karunia keselamatan Anda: “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”
(Efesus 2:8-9).

Tuhan sedang memantau hidup Anda! Bangunlah setiap pagi dan katakan dengan percaya diri, “Tuhan, terima kasih karena Engkau akan menyertaiku hari ini, Engkau akan berada di dalamku hari ini dan Engkau akan ada buatku hari ini.”

Kabar Baik inilah yang membantu Anda menyingkirkan rasa takut dari apa pun yang sedang Anda hadapi untuk menggantikannya dengan kebahagiaan.

Renungkan hal ini:
– Seperti apa rasanya ketika Anda beralih dari hidup dengan kekuatan Anda sendiri menjadi hidup di dalam kuasa Allah?
– Kapan Anda paling meragukan kehadiran Allah? Mintalah iman kepada Tuhan untuk melihat bagaimana Dia bekerja di area khusus dari kehidupan Anda ini.
– Bagaimana perspektif Anda mengenai situasi sulit berubah ketika Anda tahu bahwa Tuhan berada di pihak Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Nehemia 7-9; Kisah Para Rasul 3

Apa pun yang Anda hadapi hari ini atau minggu ini atau tahun-tahun depan, Anda tidak akan sendirian menghadapinya. Tuhan beserta Anda, Dia ada di dalam Anda, dan Dia ada untuk Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)