Tiga Realita Surga  

Tiga Realita Surga

 

29 September 2022

 

Bacaan Hari ini:

Kolose 3:1 “Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.”

 

 

Orang-orang punya banyak kesalahpahaman tentang surga. Di surga, Anda tidak akan menjadi malaikat. Anda tidak akan memiliki sayap. Anda tidak akan menjadi malaikat kecil yang mengenakan jubah putih, atau melayang-layang di atas awan.

 

Anda harus punya pandangan yang benar tentang surga. Alkitab berkata dalam Kolose 3:1, “Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.”

 

Lalu, apa yang Alkitab katakan tentang “realita surga” ini?

*Surga adalah tempat Allah tinggal dan memerintah. Alkitab menyebut surga sebagai “bait Allah,” “rumah Bapa,” dan “kota Allah.” Singkat kata, surga adalah tempat tinggal Allah.*

 

Namun Yesus juga menyebut surga sebagai “Kerajaan Allah” atau “Kerajaan sorga.” Sebanyak 31 kali ini dikatakan di dalam Alkitab. Jadi, surga bukan hanya tempat Allah tinggal, tetapi juga di mana Ia memerintah. 

 

Mazmur 123:1 mengatakan, “Kepada-Mu aku melayangkan mataku, ya Engkau yang bersemayam di sorga.”

 

*Surga adalah tempat yang nyata. Surga bukanlah sebuah ide atau pemikiran. Pun bukanlah tempat di mana Anda melayang-layang seperti roh. Surga adalah tempat yang nyata.* Bahkan Alkitab mengatakan ada jalan, pohon, air, dan rumah di surga. Banyak bagian dari Alkitab menyinggung fakta bahwa di sana pun ada hewan-hewan. Tubuh jasmani Anda akan diperbarui lewat kebangkitan Anda. Dan akan ada tempat nyata bagi tubuh asli Anda untuk hidup: “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” 

(Yohanes 14:2).

 

Yesus berkata dalam Matius 6:20, “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.” Maka, janganlah menyimpan harta di tempat yang tidak abadi.

 

Surga dirancang untuk Anda dan saya. Allah tidak merancang surga untuk diri-Nya sendiri. Dia mendesainnya untuk para pengikut-Nya. Alkitab berkata, “Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan” 

(Matius 25:34).

 

Ketika Allah mulai berpikir untuk merancang Bumi, Dia mulai berpikir tentang surga. Alkitab mengatakan bahwa *Allah menciptakan seluruh alam semesta karena Dia menginginkan sebuah keluarga yang akan menghabiskan hidup yang kekal bersama-Nya.* Surga adalah tempat yang Ia rancang untuk keluarga-Nya, dan surga adalah ungkapan kasih-Nya yang luar biasa.

 

Kita tidak diciptakan untuk tinggal di Bumi selamanya. Anda dan saya diciptakan untuk hidup di surga! Ibrani 13:14 mengatakan, “Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.” Begitu Anda menjadi bagian dari keluarga Allah, maka ada jauh lebih banyak hal dalam hidup kita dibanding di sini, saat ini. *Dunia ini bukanlah rumah Anda; Anda hanya numpang lewat!*

 

Di surga: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” 

(1 Korintus 2:9).

 

Renungkan hal ini:

– Bagaimana pemahaman Anda tentang surga berubah setelah membaca renungan ini?

– Renungkan bagaimana pernyataan ini memengaruhi pemikiran Anda tentang Allah: “Allah tidak merancang surga bagi diri-Nya sendiri. Dia mendesainnya untuk anak-anak-Nya. Ketika Allah mulai berpikir untuk merancang Bumi, Dia mulai berpikir tentang surga.”

– Apa yang paling mengejutkan Anda tentang tiga realita surga dari renungan hari ini?

 

 

 Bacaan Alkitab Setahun :

Yesaya 6-9; Efesus 4:1-16 

 

 

*Apa pun yang selama ini Anda impikan tentang surga, kenyataannya akan jauh melampaui itu semua!*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)