Tiga Alasan Mengapa Anda Butuh Keluarga Gereja

Tiga Alasan Mengapa Anda Butuh Keluarga Gereja

06 Maret 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 12:4-5 “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Ketika Anda datang ke gereja, Tuhan tidak ingin Anda hanya menghadiri ibadah— Dia ingin Anda menjadi bagian dari keluarga gereja.

Alkitab berkata, “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain”
(Roma 12:4-5).

Saya selalu bisa membedakan mana partisipan dan mana anggota gereja Saddleback. Partisipan gereja yang berjumpa dengan saya di supermarket akan berkata, “Pendeta Rick, saya senang dengan gereja Anda.” Mereka mengatakan gereja Anda. Tetapi berbeda dengan anggota gereja, mereka akan berkata, “Pendeta Rick, saya senang dengan gereja kita.”

Sudahkah Anda melakukan lompatan itu?
Sudahkah Anda beralih dari konsumen menjadi kontributor, dari partisipan menjadi anggota, dari menginginkan menjadi memiliki?

Berikut ini tiga alasan mengapa Anda harus menjadi anggota keluarga gereja:

1. Keluarga gereja membantu Anda untuk fokus pada Tuhan. Di hari-hari ini, kita sangat mudah terganggu oleh detail, gangguan, jalan buntu, penundaan, dan kesulitan. Namun bersekutu dengan keluarga gereja akan membantu Anda untuk fokus pada Tuhan. Semakin Anda memilih untuk fokus pada Tuhan, semakin Dia merasuk ke dalam pikiran Anda dan semakin mengecil masalah Anda.

2. Keluarga gereja membantu Anda menghadapi masalah hidup. Saat ini, Anda berada di salah satu dari tiga posisi berikut: baru saja keluar dari masalah, sedang berada di tengah masalah, atau hendak menuju ke masalah berikutnya. Hidup ini merupakan serangkaian masalah yang Tuhan tidak pernah rancangkan untuk Anda atasi sendiri. Itulah mengapa Dia membangun para kelompok pendukung, yaitu orang-orang di sekitar Anda—gereja—yang ada untuk Anda, yang berjuang bersama Anda. Anda tidak sendirian.

3. Keluarga gereja membantu Anda membentengi iman Anda. Membentengi artinya memperkuat, meneguhkan, dan membangun. Ketika Anda berhubungan dengan orang lain dalam keluarga Allah, Anda mendapatkan dukungan yang tepat. Mereka mendorong Anda untuk membuat prioritas-prioritas yang tepat, membantu Anda untuk memutuskan apa yang sepele dan apa yang paling penting. Ini memperjelas nilai-nilai Anda dan memperkuat iman Anda.

Renungkan hal ini:
– Termasuk dalam keluarga gereja yang seperti apakah Anda? Jika Anda belum ambil bagian dalam keluarga gereja, apa yang menahan Anda untuk bergabung?
– Bagaimana keluarga gereja Anda membantu Anda untuk lebih fokus pada Tuhan?
– Masalah apa yang tengah Anda hadapi saat ini? Bagaimana Anda dapat mengandalkan keluarga gereja Anda untuk membantu Anda melewatinya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 1-2; Markus 10:1-31

Sekarang ada banyak ide di dunia ini yang salah dan yang membuat Anda mudah lupa akan gol Tuhan akan hidup Anda. Menjadi anggota keluarga gereja membantu Anda untuk fokus pada Tuhan, menghadapi masalah hidup, dan memperkuat iman Anda. Dan itu semua akan membuat perbedaan dalam hidup Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)