Tanggalkan yang Lama, Kenakan yang Baru

Tanggalkan yang Lama, Kenakan yang Baru

13 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 4:22-24 “Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”

Jika Anda ingin memiliki perubahan yang kekal dalam hidup Anda, maka Anda harus mulai dengan tubuh Anda—dan pikiran Anda merupakan bagian dari tubuh Anda. Untuk bisa mengubah hidup Anda, Anda harus mengubah cara berpikir Anda.

Roma 12:2 mengatakan, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu.” Kata “metamorfosis” adalah kata yang kita dapatkan dari kata “transformasi” dalam bahasa Yunani. Biasanya metamorfosis berkaitan dengan perubahan ulat menjadi kupu-kupu.

Ketika ulat membungkus dirinya di dalam kepompong, lama kelamaan ia akan keluar. Namun ulat ini telah berubah—bukan sebagai versi ulat yang lebih baik, tetapi menjadi makhluk yang sama sekali berbeda. Itu bukan yang dinamakan perbaikan, melainkan transformasi yang radikal! Dan hanya Tuhan yang dapat melakukannya.

Transformasi yang radikal adalah apa yang Tuhan inginkan buat Anda juga. Anda dapat membuka lembaran baru sendiri, tetapi hanya Tuhan yang dapat memberi Anda kehidupan baru. Dia melakukan ini dengan memperbaharui pikiran Anda.

Efesus 4:22-24 mengatakan, “Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”

Perhatikan bahwa ada kata menanggalkan dan mengenakan. Kesehatan pikiran Anda benar-benar tergantung pada beberapa hal yang harus Anda hentikan dan memulai beberapa hal yang harus Anda mulai lakukan. Berhentilah memasukkan hal-hal negatif dan menyakitkan ke dalam pikiran Anda. Mulailah menonton dan mendengarkan hal-hal yang membuat Anda semakin serupa dengan Kristus.

Dalam pembaruan pikiran Anda, Anda harus menanggalkan sebelum Anda dapat mengenakan. Itu ibarat Anda pergi ke toko pakaian untuk mencari sebuah jaket baru. Anda menemukan satu untuk dicoba. Tetapi jika Anda sudah mengenakan jaket, maka Anda harus melepas yang lama sebelum mengenakan yang baru.

Itu juga berlaku secara spiritual, emosional, dan mental. Lihatlah ayat-ayat dalam Efesus 2 lagi. Alkitab mengatakan, “Tanggalkanlah manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru,”

“Manusia lama” adalah impuls dan dorongan yang menarik Anda ke arah yang salah. Oleh karena itu, Anda harus “dibaharui di dalam roh dan pikiran” Sikap itu ibarat popok. Anda harus menggantinya, atau itu akan mulai> menjadi bau.

Apakah Anda membutuhkan perubahan dalam hidup Anda hari ini? Ingatlah bahwa hidup yang bertransformasi dimulai dengan pikiran yang berubah.

Renungkan hal ini:
– Kapan Anda pernah melihat pikiran yang berubah menuntun pada kehidupan yang berubah, baik yang baik atau yang buruk?
– Apa bagian dari “manusia lama” Anda, seperti yang dikatakan Efesus 4, yang perlu Anda singkirkan dari pikiran Anda?
– Apa bagian dari “manusia baru” yang perlu Anda camkan dalam pikiran Anda? Kebiasaan baru apa yang dapat Anda terapkan untuk melakukannya?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Raja – raja 17 – 18 ; Yohanes 3 : 19 – 36

Hanya setelah Anda menanggalkan diri lama Anda dan sikap lama Anda, barulah Anda dapat “mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)