Tak Ada Kata Terlambat untuk Mengikuti Panggilan Tuhan

Tak Ada Kata Terlambat untuk Mengikuti Panggilan Tuhan

24 November 2021

Bacaan Hari ini:
Yosua 14:10-12 “Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.”

Tidak ada kata terlambat untuk mengikuti panggilan Tuhan atas hidup Anda.

Setelah Yosua mengutus 12 mata-mata ke Tanah Perjanjian, mereka kembali dan melaporkan bahwa tanah itu terlalu sulit untuk bisa ditempati oleh bangsa Israel. Dan karena ketidakpercayaan mereka, umat Allah, bangsa Israel mengembara di padang gurun selama 40 tahun lamanya. Satu generasi terputus karena mereka tidak percaya pada janji-janji Allah. Namun, Kaleb dan Joshua percaya. Oleh karena itu, mereka tetap hidup.

Ketika orang Israel kembali ke Tanah Perjanjian 40 tahun kemudian, Kaleb berkata, “Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN”
(Yosua 14:10-12).

“Berikanlah kepadaku (negara) pegunungan”- Saya suka itu! Tanah yang diinginkan Kaleb dipenuhi dengan raksasa dan kota-kota yang dibentengi dengan tembok besar. Kaleb berseru kepada TUHAN, “Beri saya tugas yang paling berat. Beri saya kota yang paling sulit. Beri saya satu tempat dengan raksasa-raksasa yang paling besar. Beri saya daerah pegunungan. Saya tidak ingin tempat yang mudah. Saya tahu saya berusia 85 tahun, tapi saya masih punya panggilan untuk melakukan hal-hal besar demi kemuliaan-Mu.”

Ketika saya membeli kartu ulang tahun untuk cucu perempuan saya, saya baru menyadari bahwa ada sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya di bagian kartu ucapan. Sekarang mereka punya satu bagian yang menawarkan kartu ulang tahun yang ke-80, 85, 90, 95, dan bahkan yang ke-100! Tumbuh dewasa, saya tidak melihat kartu semacam itu karena kebanyakan orang tidak hidup selama itu. Namun sekarang, harapan hidup jauh lebih tinggi.

Jika Anda adalah orang dewasa yang matang secara umur, Anda mungkin berpikir bahwa sudah waktunya untuk saya berhenti melayani. Saya beri tahu Anda, inilah saatnya untuk mulai melayani! Apakah Anda pikir Tuhan akan membiarkan Anda hidup 30 tahun lagi hanya untuk bermain golf?

Berikut ini kata-kata yang tidak ada dalam Alkitab: pensiun. Anda bisa pensiun, tetapi Anda harus tetap melayani. Anda memiliki lebih banyak hikmat dan pengalaman ketimbang dulu ketika Anda masih muda, tapi ketahuilah bahwa Tuhan tidak akan menyia-nyiakan hikmat Anda.

Pada usia ke-85, Kaleb pun memulai misi terbesar dalam hidupnya. Musa berusia 80 tahun ketika TUHAN memanggilnya untuk membebaskan umat-Nya. Abraham berusia 79 tahun ketika dia menerima panggilan-Nya.

Jika Anda berada di generasi Kaleb, percayalah bahwa tak ada kata terlambat untuk memulai panggilan hidup Anda. Yang terbaik belumlah datang!

Renungkan hal ini:
– Jika Anda berada di generasi Kaleb, bagaimana Anda ingin agar “tahun-tahun pensiun” Anda tetap bermanfaat untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah? Bagaimana Anda akan mengejar panggilan Anda dalam 10, 20, atau 30 tahun ke depan?
– Bagaimana cara Anda menabung untuk masa pensiun menunjukkan apa yang ingin Anda capai untuk Tuhan?
– Apa pun tahap kehidupan Anda saat ini, apa yang Anda lakukan untuk mengerjakan apa yang Anda percaya sebagai panggilan Tuhan atas Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 2:1-11 ; Ibrani 8

Anda selalu berguna dan dapat menjadi alat kemuliaan bagi Tuhan. Serahkanlah diri Anda untuk dapat dipakai oleh Tuhan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)