Siapa yang Mengendalikan Karier Anda

Renungan Harian 19 Februari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Matius 6:33 “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Jika Anda ingin hidup Anda diubahkan dari kehampaan menjadi berkelimpahan, maka beri Yesus kendali penuh atas hidup Anda, termasuk pada karier Anda.

Contoh dalam hal ini adalah ketika Simon Petrus membiarkan Yesus naik ke kapalnya agar Dia dapat mengajar beberapa orang yang berdiri di tepi pantai. Alkitab berkata, “Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Simon menjawab; “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga”
(Lukas 5: 4-5).

Kemudian Alkitab mencatat, “Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak. Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam”
(Lukas 5: 6-7).

Jika Anda ingin hidup Anda berubah dari kehampaan menjadi keberlimpahan, maka Anda harus mengizinkan Yesus naik ke perahu Anda.

Apa perahu Anda? Itulah cara Anda mencari nafkah. Harta Simon ialah perahunya sebab dia adalah seorang nelayan. Sama halnya perahu yang mewakili mata pencaharian Simon Petrus, perahu Anda mewakili karier Anda, profesi Anda, pekerjaan Anda.

Apa artinya ada Yesus di atas perahu Anda?

Artinya, Anda mendedikasikan karir Anda untuk Tuhan.

Saya tidak berbicara tentang keselamatan. Anda mungkin memiliki Yesus di dalam hidup Anda, tetapi apakah Anda telah memberikan Dia kendali atas karier Anda?

Anda mungkin telah memercayakan keselamatan Anda pada Allah dan melayani dengan setia di gereja, tetapi ketika Anda kembali bekerja di sepanjang minggu, apakah Anda juga memercayakan pekerjaan Anda pada Yesus? Atau apakah Anda hanya meletakkan Yesus di rak pajangan Anda?

Ketika Simon Petrus memberi Yesus kendali atas pekerjaannya, ia pun diberkati dengan hasil-hasil yang luar biasa. Tetapi jangan keliru dengan urutannya. Kadang kita berpikir, “Tuhan, jadikan aku benar-benar sukses dalam bisnisku. Aku akan melayani-Mu dengan kesuksesanku itu.” Salah!
Justru sebaliknya. Pertama, Petrus memberi Yesus kendali atas pekerjaannya. Kemudian Yesus memberkati pekerjaan Petrus dengan kesuksesan yang luar biasa. Itulah urutan yang benar.

Alkitab berkata dalam Matius 6:33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

Bila Anda ingin Tuhan memberkati sesuatu, tempatkan Dia di tempat pertama dalam bidang tersebut. Anda ingin Tuhan memberkati waktu Anda? Berikan Dia bagian pertama dari waktu Anda setiap harinya. Anda ingin Tuhan memberkati uang Anda? Berikan Dia 10 persen pertama dari penghasilan Anda, seberapa pun kecilnya itu. Anda ingin Tuhan memberkati pekerjaan Anda? Beri Dia kendali, seberapa pun suksesnya Anda.

Renungkan hal ini:
– Seperti apa jadinya jika Anda menyerahkan kendali penuh atas pekerjaan Anda kepada Yesus?
– Apa ketakutan atau kekhawatiran Anda dalam hal menjadikan Tuhan sebagai pusat dari pekerjaan Anda?
– Bagaimana Anda ingin Tuhan memberkati Anda dalam karier Anda? Menurut Anda apa yang Dia ingin Anda lakukan terlebih dahulu?

Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 25; Markus1:23-45

Izinkan Yesus naik ke perahu Anda, dan Anda akan melihat hidup Anda berubah dari kekosongan menjadi keberlimpahan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)