Siapa yang Mendapat Karunia Anda?

Siapa yang Mendapat Karunia Anda?

30 Agustus 2022

Bacaan Hari ini:
1 Korintus 12:4-6 “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.”

Seperti kebanyakan orang, mungkin Anda pun kesulitan mengetahui apa tujuan penciptaan Allah atas Anda. Tetapi, begitu Anda memahami cara-cara unik Allah dalam membentuk Anda, Anda bisa mulai fokus pada hal tersebut dan menggunakan hidup Anda dengan lebih baik.

Pada saat Anda melangkah dan meletakkan iman Anda di dalam Kristus, Allah memberikan Anda empat karunia utama:

Pengampunan.
Roma 5:15 mengatakan, “Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.” Ketika Anda meletakkan iman Anda di dalam Yesus, hal pertama yang Dia lakukan ialah menghapus semua kesalahan yang pernah Anda perbuat. Anda telah diampuni! Tidak ada penghukuman.

Hidup kekal.
Tuhan punya rencana jangka panjang buat Anda. Alkitab berkata dalam Roma 6:23, “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Anda tak akan pernah bisa mengusahakan jalan Anda sendiri menuju surga. Satu-satunya cara untuk masuk ke surga yaitu dengan anugerah cuma-cuma dari Allah, yang Anda terima lewat iman Anda.

Roh Kudus.
Roma 5:5 mengatakan, “Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.” Bagaimana Anda tahu kapan Anda sedang membolehkan Tuhan bekerja lewat hidup Anda? Ketika Anda melaksanakan buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

Kemampuan spesial.
Dalam Alkitab, kemampuan ini disebut sebagai karunia rohani. Kemampuan ini berbeda dari karunia materi atau karunia fisik. Ini merupakan kemampuan yang Anda butuhkan untuk melakukan misi yang Tuhan ingin Anda lakukan. Kebanyakan orang percaya bahkan tak tahu bahwa mereka memiliki karunia rohani, apalagi karunia spesial ini. Tetapi jika Anda adalah pengikut Yesus, Anda sudah memilikinya!

Alkitab berkata dalam 1 Korintus 12:4-6, “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.”
Apa itu karunia rohani?
Tuhan punya tujuan atas hidup Anda, karunia rohani Anda adalah peralatan yang Dia berikan kepada Anda untuk mengerjakan apa yang Dia minta Anda lakukan.

Renungkan hal ini:
– Ketika Anda menjadi seorang Kristen, Allah memberi Anda pengampunan, Roh Kudus, hidup yang kekal, serta kemampuan khusus. Manakah dari karunia tersebut yang paling sering Anda pikirkan? Mana yang cenderung Anda lupakan? Mengapa?
– Karunia spesial apa yang telah Tuhan berikan kepada Anda? Bagaimana selama ini Anda melihat Dia menggunakan karunia-karunia itu lewat tubuh Kristus, gereja?
– Kapan Anda mendapat manfaat dari orang Kristen lainnya yang menggunakan karunia rohani mereka?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 129-131; 1 Korintus 11:1-16

Allah tidak akan pernah meminta Anda melakukan sesuatu yang Dia tidak beri Anda kemampuan untuk melakukannya!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)