Semuanya Adalah tentang Yesus

Semuanya Adalah tentang Yesus

23 Maret 2022

Bacaan Hari ini:
2 Korintus 4:5 “Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.”

Jika Anda ingin dipakai oleh Tuhan, Anda perlu ingat satu hal: ini bukan tentang Anda; Ini semua tentang Yesus.

“Ini bukan tentang Anda” adalah kebalikan dari segala yang diajarkan oleh dunia ini. Budaya kita memikat kita pada keegoisan. Di mana pun iklan memberi tahu kita, “Kau yang nomor satu! Lakukan apa pun yang paling baik bagimu! Pikirkan dirimu terlebih dulu.”

Tetapi Anda bukanlah pusat dari alam semesta ini—Tuhanlah. Itulah mengapa, setiap kali Anda membuat masalah, memberi celah untuk mengkritik diri Anda sendiri, Anda akan menjadi frustrasi. Dan pada akhirnya Anda menjadi bosan karena hidup ini lebih dari sekadar hidup buat diri Anda sendiri.

Alkitab berkata, “Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus”
(2 Korintus 4:5).

Dua kali dalam perikop ini, Paulus mengatakan bahwa segalanya sesuatunya adalah buat Yesus. Ini tentang Dia, dan ini demi Dia. Singkat kata, belajar ikut Yesus adalah tentang motif di baliknya.

Mungkin ada seratus hal yang bisa Anda buat dengan hidup Anda dan Tuhan berkata, “Karena Akulah yang menciptakanmu dan membentukmu, jadi apa pun di dalam dirimu tak jadi masalah buat-Ku.” Akan tetapi, Tuhan jauh lebih tertarik pada motivasi Anda untuk melakukan sesuatu daripada mengetahui metodologi Anda. Anda bisa menggunakan metode yang tepat dan menjadi sangat sukses dalam hidup, tapi jika Anda punya motivasi yang salah—keserakahan, persaingan, kecemburuan, atau rasa bersalah—maka itu tidak akan diperhitungkan oleh Tuhan

Di sisi lain, Anda dapat melakukan semua hal salah dan jatuh dalam begitu banyak aspek kehidupan. Tapi, bila Anda mempunyai motivasi yang benar—Yesus— Tuhan berkata, “Itu cukup baik.” Tuhan lebih tertarik pada “mengapa” Anda daripada “apa” Anda.

Alkitab berkata, “Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita”
(Kolose 3:17).

Renungkan hal ini:
– Dalam bidang kehidupan apa budaya dunia memengaruhi Anda untuk “semuanya tentang Anda”?
– Pernahkah ada satu waktu di mana Anda termotivasi oleh keserakahan, persaingan, kecemburuan, atau rasa bersalah? Bagaimana akibatnya?
– Seperti apa jadinya jika saja segala yang Anda kerjakan minggu ini—sebagai anggota keluarga, teman, pelajar, atau karyawan—adalah “demi Yesus”?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yosua 13-15; Lukas 1:57-80

Pernahkah Anda merasa bosan atau frustrasi dengan hidup ini? Pilihlah untuk menjadikan Yesus sebagai motivasi Anda hari ini. Anda akan menemukan sukacita besar untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dari yang Anda kira.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)