Satu-satunya Perbedaan Yang Penting

Satu-satunya Perbedaan Yang Penting

01 April 2022

Bacaan Hari ini:
Lukas 19:10 “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

Di mata Tuhan, hanya ada dua macam orang—orang yang diselamatkan dan orang yang hilang. Masing-masing dari kita masuk dalam salah satu dari kategori ini. Pada akhirnya, itulah yang membedakan manusia.

Tuhan mengasihi semua orang—tanpa memandang jenis kelamin, ras, atau budaya. Dia tidak membedakan manusia dari pendidikan, penampilan, kekayaan, atau bakat mereka. Sebab, satu pembeda yang paling penting buat Dia yaitu apakah orang itu diselamatkan atau hilang secara rohani.

“Diselamatkan” dan “hilang” menyiratkan sebuah nilai. Arti dari kedua kata ini yaitu bahwa Tuhan melihat Anda sebagai orang yang layak untuk dicari, diselamatkan, dan ditemukan; “diselamatkan” dan “hilang” adalah ungkapan kasih-Nya.

Alkitab berkata, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang”
(Lukas 19:10).

Seperti itulah betapa berharganya Anda. Yesus Kristus datang ke bumi untuk mencari Anda dan menyelamatkan Anda.

Hanya hal-hal berharga yang bisa hilang, sementara hal-hal yang tidak berharga hanya salah tempat. Ibaratnya tidak ada yang kehilangan tusuk gigi mereka. Anda mungkin salah meletakkannya, tetapi Anda tidak merasa kehilangan—karena itu tidak begitu berharga.

Namun, jika saya kehilangan cincin kawin saya, maka itu akan jadi suatu kehilangan yang dalam sebab itu mewakili komitmen saya lebih dari 40 tahun kepada istri saya. Bukan good Kay memberikannya kepada saya dan saya mencintainya. Saya tidak akan pernah salah meletakkan cincin kawin saya, tapi mungkin itu bisa saja hilang.

Jadi, berbicara soal apakah seseorang telah diselamatkan atau hilang secara rohani, kita tidak membicarakan tentang nilai orang tersebut. Apakah seseorang diselamatkan atau pun terhilang, mereka sangat berharga di mata Tuhan.

Tetapi Tuhan tidak ingin ada orang yang tersesat dalam rohani. Mengapa?
Karena itu menandakan bahwa mereka tidak terhubung dengan Tuhan dan tidak memiliki hubungan dengan Dia.

Selama tiga hari berikutnya, kita akan membahas pertanyaan, “Apa yang sebenarnya terhilang dari Anda ketika Anda tersesat secara rohani?” Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu Anda memahami betapa berartinya Anda buat Tuhan dan untuk membantu Anda membagikan kabar yang penuh harapan ini pada orang lain.

Renungkan hal ini:
– Pernahkah Anda—mungkin secara tidak sadar—memikirkan orang-orang yang terhilang, yang memiliki nilai yang berbeda dari mereka yang diselamatkan? Bagaimana rasanya mengetahui bahwa setiap orang memiliki nilai yang sama di hadapan Tuhan?
– Apa sesuatu yang pernah terhilang dari Anda? Apa sesuatu yang salah Anda letakkan? Apa nilai dari masing-masing objek itu buat Anda?
– Siapa saja dalam hidup Anda yang perlu mendengar bahwa mereka begitu berharga buat Tuhan? Bagaimana Anda dapat menyediakan waktu untuk menyemangati mereka dengan memberi tahu mereka kabar ini hari ini?

Bacaan Alkitab Setahun :
Hakim-hakim 13; Lukas 6:27-49

Hal yang rohani, keselamatan jiwa Anda lebih penting di mata Tuhan dibanding semua hal duniawi yang sedang Anda khawatirkan saat ini.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)