Renungan Harian 10 Oktober 2021

Anda Dibutuhkan dalam Tubuh Kristus

10 Oktober 2021

Bacaan Hari ini:
Roma 12:4-5 “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

Dalam Alkitab, gereja sering disebut “tubuh Kristus.” Apa yang Yesus Kristus kerjakan ketika berada di Bumi, ketika mengambil rupa manusia, Dia ingin para pengikut-Nya juga terus melaksanakannya hingga hari ini. Kita adalah tubuh Kristus di Bumi.

Alkitab berkata, “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain”
(Roma 12:4-5).
Setiap orang dibutuhkan dalam tubuh Kristus. Masing-masing dari kita saling melengkapi.

Itu ibarat kepingan jigsaw. Ketika Anda menyusunnya dan satu kepingan hilang, apa yang langsung menarik perhatian Anda? Satu kepingan yang hilang tersebut.

Seperti itulah di dalam tubuh Kristus. Semua orang dibutuhkan.

Anda mungkin berkata, “Saya hanyalah satu kuku kaki dalam tubuh Kristus.” Apakah Anda pernah kehilangan satu kuku kaki? Anda tentu segera menyadarinya. Saya pernah menjatuhkan beban seberat 5 kg tepat di jempol kaki saya. Memang itu hanya satu bagian kecil dari tubuh saya, tapi tentunya saya menyadari bahwa saya kehilangan kuku itu selama 6 bulan.

Jangan keliru antara menonjol dengan signifikan. Sesuatu bisa menonjol tetapi tidak signifikan.

Hidung saya menonjol, tetapi itu tidak signifikan. Saya tetap dapat melanjutkan hidup meski jika saya kehilangan hidung saya. Namun, di dalam tubuh saya, ada hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain, seperti hati, jantung, dan paru-paru saya. Itu semua organ yang tidak terlihat, tetapi apabila saya kehilangan mereka, saya bisa mati.

Anda mungkin tidak merasa menonjol dalam tubuh Kristus, tetapi ketahuilah, Anda penting.
Ada banyak bagian dari tubuh Kristus, dan masing-masing bagian tersebut dibutuhkan. Kita semua mempunyai tugas penting yang harus kita kerjakan!

Renungkan hal ini:
– Pikirkan satu waktu ketika Anda tidak terhubung dengan tubuh Kristus. Bagaimana hal itu memengaruhi hidup Anda?
– Apa peran penting, tapi tidak menonjol, yang Anda mainkan dalam tubuh Kristus? Bagaimana sikap Anda terhadap pelayanan Anda itu?
– Bagaimana Anda dapat mendorong orang lain dalam tubuh Kristus untuk menggunakan karunia mereka untuk dapat saling melayani?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yesaya 48-51; Kolose 1 : 1-14

Tidak ada anggota tubuh yang tidak penting.
Anda penting!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)