Rencana Allah untuk Membawa Anda ke Surga

Rencana Allah untuk Membawa Anda ke Surga

 

05 Oktober 2022

 

Bacaan Hari ini:

Roma 3:22 “Yaitu kebenaran Allah karena iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan.”

 

 

Setiap manusia yang pernah hidup di dunia ini pernah menghadapi masalah yang sama: *Dosa mereka memisahkan mereka dari Allah.* Tetapi Alkitab menawarkan sebuah solusi yang sederhana dan lugas, “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa” 

(Lukas 2:10).

 

Alkitab berkata, “Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman” 

(Roma 1:17).

 

Firman Tuhan juga mengatakan, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri” 

(Efesus 2:8-9).

 

Kabar Baiknya adalah bahwa kematian dan kebangkitan Yesus justru memberi Anda akses kepada Allah. Dengan kata lain, Anda hanya bisa sampai ke surga dengan menempatkan iman percaya Anda pada Allah melalui Putra-Nya, Yesus Kristus.

 

Bagaimana cara Anda mengungkapkan iman Anda kepada Kristus? Berikut ini panduan sederhana yang sesuai dengan Alkitab:

 

*Akui bahwa Anda membutuhkan Juru Selamat*

 

Anda tidak bisa datang kepada Allah seorang diri. Anda seorang pendosa. Anda telah membuat kekacauan. Surga itu sempurna, dan Anda tidak.

 

Alkitab mengatakan, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” 

(1 Yohanes 1:9).

 

Rasul Paulus juga mengajarkan, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus” 

(Roma 3:23-24).

 

*Percaya kepada Yesus*

 

Alkitab sangat jelas menerangkan apa yang harus Anda percaya: “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”

 (Kisah Para Rasul 16:31). 

Itu berarti Anda percaya bahwa Yesus adalah seperti yang dikatakan Alkitab, dan bahwa Anda menyerahkan masa depan serta segala yang Anda miliki kepada-Nya. 

Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” 

(Yohanes 14:6).

 

*Iman Anda haruslah spesifik di dalam Kristus*: “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan” 

(Roma 10:9-10, 13).

 

*Nyatakan komitmen Anda kepada Yesus*

 

Beritahu Yesus bahwa Anda percaya kepada-Nya dengan segenap hidup Anda. Nyatakan bahwa Anda percaya pada-Nya serta janji-janji-Nya. Sebab Yesus berkata, “Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan” 

(Yohanes 12:44-46).

 

*Andalkan janji Allah*

 

Peganglah janji Allah dalam Yohanes 3:16: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

 

*Apa pun yang telah Anda lakukan atau sudah berapa pun lamanya Anda telah melakukannya, Allah telah berjanji bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus akan hidup bersama-Nya di surga selamanya.*

 

Sudahkah Anda menyerahkan hidup Anda kepada Yesus?

 

Jika Anda belum percaya kepada Yesus dan belum berkomitmen untuk ikut Dia, apa lagi yang Anda tunggu? *Doakanlah doa ini:*

 

*“Yesus terkasih, Engkau telah berjanji bahwa jika aku percaya kepada-Mu, maka semua kesalahan yang pernah kuperbuat akan diampuni dan bahwa Engkau akan menerimaku masuk ke dalam rumah kekal-Mu di surga suatu hari nanti. Aku sangat bersyukur bahwa aku tidak perlu mengusahakan keselamatanku. Keselamatanku adalah kasih karunia dari Allah lewat pengorbanan-Mu di kayu salib.*

 

*“Tuhan, Aku mengakui dosaku, dan aku percaya Engkaulah Juruselamatku. Aku menerima Engkau masuk ke dalam hidupku sebagai Tuhanku. Hari ini aku hendak menyerahkan setiap bagian dari hidupku hanya ke dalam tangan pemeliharaan-Mu. Aku ingin memakai sisa hidupku untuk melayani-Mu, ketimbang melayani diri sendiri. Aku hendak menyerahkan hidupku kepada-Mu dan meminta karunia-Mu untuk menyelamatkan-Ku dan menerimaku masuk ke dalam keluarga-Mu. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.”*

 

Renungkan hal ini:

– Jika Anda belum menyerahkan hidup Anda kepada Yesus, apa yang saat ini sedang menahan Anda? Apakah Anda siap untuk mengambil langkah itu sekarang?

– Jika Anda adalah murid Yesus, bagaimana renungan harian ini menguatkan Anda dengan mengingatkan tentang bagaimana Yesus menyelamatkan Anda? Dengan siapa Anda akan berbagi Kabar Baik ini minggu ini?

– Allah telah berjanji bahwa setiap orang yang percaya kepada Yesus akan hidup bersama-Nya selama-lamanya di surga. Bagaimana janji tersebut telah membuat suatu perbedaan dalam hidup Anda?

 

 

 Bacaan Alkitab Setahun :

Yesaya 29-32; Filipi 2 : 1-18 

 

 

*Percayalah pada janji dan rencana-Nya yang indah untuk hidup Anda.*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)