Pilihan-Pilihan Sehat dapat Memuliakan Allah

Pilihan-Pilihan Sehat dapat Memuliakan Allah

18 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
1 Korintus 10:31 “Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.”

Tahukah Anda bahwa Anda dapat memuliakan Allah—sekaligus mendatangkan manfaat buat diri Anda sendiri—dengan cara memelihara tubuh Anda dengan baik? Ketika Anda membuat pilihan-pilihan sehat, Anda sedang memuliakan Allah dengan menjaga tubuh yang Ia ciptakan. Selain itu, Anda juga sedang memberikan diri Anda hadiah, seperti mempunyai lebih banyak energi, pikiran yang tajam, senyum yang cerah, serta tubuh yang kuat.

Alkitab berkata, “Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah”
(1 Korintus 10:31).

Namun, membuat pilihan-pilihan sehat tidaklah selalu mudah. Saya belajar ini dari pengalaman sendiri. Setiap kenangan indah dari masa kecil saya berhubungan dengan makanan. Tapi juga setiap kenangan sedih dalam hidup saya pun berhubungan dengan makanan. Makanan adalah sesuatu yang sering kali saya andalkan hingga sampai pada taraf yang tidak sehat. Itulah sebabnya mereka memanggil saya “Pasta” Rick!

Selama bertahun-tahun, saya mendapati ada tiga alasan mengapa sulit bagi manusia untuk berkomitmen pada gaya hidup sehat.
Anda mengandalkan tekad keras. Tekad yang keras memang bekerja buat jangka pendek. Tetapi setiap kali Anda hanya mengandalkannya untuk mencapai gol kesehatan Anda, Anda sesungguhnya tengah memaksakan diri Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukan oleh otak Anda. Itulah mengapa hanya mengandalkan tekad keras bisa sangat melelahkan. Anda butuh lebih dari sekadar kekuatan Anda sendiri.

Anda punya motivasi yang salah. Membuat sebuah tujuan yang isinya ialah tentang “diri Anda” tidaklah cukup untuk membuat Anda maju. Tidak terhitung sudah berapa banyak diet yang saya mulai karena saya hanya ingin terlihat baik, merasa baik, dan punya umur panjang. Tak ada yang salah dengan hal itu; itu sah-sah saja. Tetapi tujuan kesehatan Anda seharusnya jauh lebih dalam dari itu. Memiliki kondisi fisik yang baik punya makna spiritual.

Anda mencoba berubah dengan kekuatan Anda sendiri. Anda tidak diciptakan untuk menjalani hidup sendirian. Janganlah berkata, “Suatu hari, aku akan berubah.” Apabila Anda bisa berubah dengan kekuatan Anda sendiri, pastinya sekarang Anda sudah berubah. Tapi pada kenyataannya, Anda tidak bisa dan tidak akan bisa jika sendiri. Anda butuh bantuan orang lain. Anda diciptakan sebagai makhluk sosial.

Jadi, bila tekad keras, motivasi yang salah, dan usaha untuk berubah dengan kekuatan diri sendiri tidak berhasil, lalu apa yang berhasil?

Pertama, andalkan kekuatan Tuhan. Apa pun kelemahan Anda, kemungkinan besar Anda akan bergumul dengan hal itu seumur hidup Anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan lebih dari sekadar usaha dan motivasi untuk mencapai gol Anda. Anda harus terhubung dengan kekuatan Tuhan. Alkitab mengatakan, “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna”
(lihat 2 Korintus 12:9).

Kedua, temukan seorang partner atau pembimbing yang mendorong Anda dan memantau Anda. Di Gereja Saddleback, kami mendorong semua orang untuk bergabung dalam kelompok kecil—untuk saling memberi support dalam membuat pilihan-pilihan sehat. Alkitab berkata, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”
(Galatia 6:2).

Renungkan hal ini:
– Berikan contoh sebuah pilihan sehat yang membawa kemuliaan bagi Allah. Apa contoh pilihan tidak sehat yang tidak membawa kemuliaan bagi Allah?
– Jelaskan satu waktu di mana Anda mengandalkan tekad keras untuk mencapai tujuan kesehatan Anda. Apa hasilnya?
– Apa satu perubahan sehat yang spesifik yang perlu Anda lakukan dalam hidup Anda? Siapa yang bisa Anda minta untuk membimbing dan memantau Anda atas pilihan sehat itu?

Bacaan Alkitab Setahun :
I Tawarikh 4 – 6 ; Yohanes 6 : 1 – 21

Sebab Allah menciptakan Anda, Dia ingin Anda merawat tubuh Anda dengan cara-cara yang mendatangkan kemuliaan bagi Dia—dan yang mendatangkan kesehatan bagi Anda juga!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)