Pikiran Anda Mengendalikan Hidup Anda

Pikiran Anda Mengendalikan Hidup Anda

13 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Kebanyakan orang rindu agar Tuhan menghilangkan semua masalah, rasa sakit, kesedihan, penderitaan, penyakit, dan duka. Akan tetapi, Tuhan ingin bekerja di dalam Anda terlebih dahulu karena transformasi tak akan terjadi dalam hidup Anda apabila Anda belum memperbarui pikiran Anda—sebelum pemikiran Anda mulai berubah.

Mengapa begitu penting belajar mengelola pikiran? Berikut ini tiga alasannya:

1. Karena pikiran Anda mengendalikan hidup Anda.
Amsal 4:23 mengatakan, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” Pemikiran Anda punya kemampuan luar biasa untuk membentuk hidup Anda untuk menjadi baik atau buruk. Misalnya, waktu kecil, orang lain memberi label ini pada Anda: “Kamu tidak ada gunanya. Kamu tidak penting.” Dan Anda menerima pemikiran itu, meskipun itu salah. Kini, bertahun-tahun kemudian, itu sedang membentuk hidup Anda. Itulah sebabnya penting untuk memilih pemikiran mana saja yang Anda izinkan memengaruhi Anda.

2. Karena pikiran adalah medan peperangan melawan dosa. Semua godaan terjadi di dalam pikiran kita. Paulus berkata dalam Roma 7:22-23, “Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.”

Salah satu alasan mengapa jiwa Anda lelah ialah karena ada peperangan di otak Anda 24 jam sehari. Itu menguras pikiran Anda sebab itu terjadi secara intens, karena pikiran Anda adalah aset terbesar Anda. Setan ingin memiliki aset terbesar Anda!

3. Karena pikiran Anda adalah kunci kedamaian dan kebahagiaan.
Pikiran yang tak terkendali menyebabkan ketegangan.
Pikiran yang dikelola dengan baik mendatangkan ketenangan.
Pikiran yang tidak terkendali menyebabkan konflik. Pikiran yang terkelola memberi kepercayaan diri.
Ketika Anda tidak mengontrol cara Anda mengarahkan pikiran Anda, maka Anda akan menjadi stres. Sebaliknya, pikiran yang terkelola mendatangkan kekuatan, rasa aman, dan ketenangan jiwa.

Alkitab berkata, “Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera”
(Roma 8:6).

Renungkan hal ini:
– Apa hal-hal yang menyenangkan hati Tuhan yang Anda isi ke dalam kepala Anda? Apa yang Anda isi ke dalam pikiran Anda yang tidak menyenangkan Tuhan?
– Bagaimana Anda bisa berlatih mengelola pikiran Anda?
– Apa peran firman Tuhan dalam mengelola pikiran Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 31-32; Matius 9:18-38

Tuhan jauh lebih tertarik mengubah pikiran Anda daripada mengubah keadaan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)