Pemilihan Waktu adalah Segalanya

Pemilihan Waktu adalah Segalanya

16 Agustus 2022

Bacaan Hari ini:
Pengkhotbah 8:6 “Karena untuk segala sesuatu ada waktu pengadilan, dan kejahatan manusia menekan dirinya.”

Dalam banyak aspek kehidupan Anda,—mulai dari keputusan bisnis hingga hubungan terdalam—pemilihan waktu bisa membuat suatu perbedaan besar. Dan sebagai pengikut Kristus, adalah penting bagi Anda untuk tetap mengikuti waktu Tuhan.

Setiap pencapaian besar melibatkan pemilihan waktu yang tepat. Dalam pertandingan sepak bola, gol dapat tercipta berkat pemilihan waktu yang tepat antara gelandang dan penyerang. Dalam bisnis, pemilihan waktu yang tepat—terutama pengambilan keputusan perekrutan karyawan dan ekspansi bisnis—adalah hal yang paling penting dan menentukan. Jika Anda bernyanyi, Anda tahu betapa pentingnya mengimbangi tempo dengan para pengiring musik.

Bertahun-tahun yang lalu, saya menulis sebuah buku berjudul The Purpose Driven Church. Pada bab pertama, saya mengibaratkan kepemimpinan dengan berselancar. Tidak ada peselancar yang berkata, “Ayo, kita buat ombak hari ini!” Peselancar tidak bisa menciptakan ombak di lautan. Hanya Tuhan yang bisa melakukannya. Para peselancar menunggu ombak yang Tuhan ciptakan.

Itu artinya para peselancar menghabiskan banyak waktu menunggu. Kadang mereka mungkin melihat ombak dan membiarkannya berlalu karena tahu itu bukan waktu yang tepat. Kemudian, para peselancar melihat ombak yang tepat, mulai mengayuh lebih cepat dan lebih cepat, mengejar ombak, mengendarainya, lalu turun dari ombak sebelum Anda hanyut tersapu. Berselancar terlihat mudah, tetapi itu membutuhkan banyak keterampilan. Hal yang sama juga berlaku dalam kehidupan. Anda harus mengembangkan keterampilan pemilihan waktu.

Alkitab berkata dalam Pengkhotbah 8:6, “Karena untuk segala sesuatu ada waktu pengadilan, dan kejahatan manusia menekan dirinya.”

Ada ritme kehidupan. Belajar melakukan hal yang benar di waktu yang tepat membutuhkan keterampilan. Orang Kristen sering menyebut keterampilan ini sebagai “berjalan di dalam pimpinan Roh Kudus.” Semakin Anda bertumbuh sebagai pengikut Kristus, semakin baik Anda berjalan di dalam pimpinan Roh Kudus.

Renungkan hal ini:
– Kapan Anda pernah mengambil keputusan—mungkin dalam keputusan bisnis atau dalam hubungan—di waktu yang tepat? Kapan Anda salah waktu?
– Kapan Anda pernah mencoba membuat ombak Anda sendiri dalam hidup, daripada menunggu Tuhan membuat ombak untuk Anda? Bagaimana hasilnya?
– Pernahkah Anda merasa diri Anda pernah berjalan di dalam pimpinan Roh Kudus? Seperti apa rasanya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 93-95; Roma 16

Terkadang Roh Kudus menuntun Anda untuk berlari cepat. Tapi terkadang juga menuntun Anda untuk berjalan perlahan.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)