Menjadi Seperti Kristus

Menjadi Seperti Kristus

07 September 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 4:13 “Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.”

Pemuridan adalah proses untuk menjadi seperti Kristus. Itu adalah sebuah perjalanan yang akan berlangsung seumur hidup.

Berikut ini cara kerjanya: Setiap harinya Allah ingin Anda menjadi semakin serupa dengan Dia. Seperti yang dikatakan Alkitab, “Dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya”
(Kolose 3:10).

Hari ini orang-orang terobsesi dengan kecepatan. Tetapi bukan kecepatan, Allah lebih tertarik pada kekuatan dan stabilitas. Mungkin saat ini Anda menginginkan suatu perbaikan singkat, jalan pintas, atau solusi di tempat. Mungkin saat ini Anda sedang mencari khotbah, seminar, atau pengalaman yang Anda harap bisa segera menyelesaikan semua masalah, menyingkirkan semua pencobaan, dan membebaskan Anda dari semua rasa sakit perjalanan kehidupan.

Akan tetapi, kedewasaan yang sejati bukanlah hasil dari satu pengalaman saja, bagaimana pun kuatnya atau mengharukannya pengalaman Anda tersebut. Pertumbuhan berlangsung secara bertahap. Alkitab mengatakan, “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar”
(2 Korintus 3:18).

Sering kali orang-orang membangun identitas mereka di atas kekurangan mereka. Anda bahkan mungkin berkata pada diri sendiri bahwa Anda tak dapat berubah, dengan berkata, “Saya memang seperti ini.”

Kekhawatiran bawah sadar adalah jika Anda melepaskan kebiasaan lama Anda, rasa sakit hati Anda, atau keasyikan Anda, maka Anda tidak lagi mengenal diri Anda sendiri. Ketakutan ini dapat memperlambat, malah bahkan menghentikan, pertumbuhan Anda.

Jadi, bagaimana Anda melepaskan kebiasaan lama Anda untuk tumbuh semakin seperti Kristus?
Bagaimana Anda menyelaraskan karakter Anda dengan karakter-Nya?
Dengan membangun kebiasaan yang seperti Kristus untuk menggantikan kebiasaan lama Anda.

Karakter Anda ialah jumlah keseluruhan dari kebiasaan Anda—dan kebiasaan membutuhkan waktu untuk berkembang. Anda tidak bisa mengklaim diri Anda baik, kecuali jika Anda telah terbiasa baik, melakukan kebaikan tanpa harus berpikir terlebih dahulu. Anda tidak bisa mengklaim Anda orang yang jujur, kecuali jujur sudah jadi kebiasaan Anda. Kebiasaan Anda menentukan karakter Anda.

Namun seiring berjalannya waktu, Anda—serta orang-orang di sekitar Anda—akan melihat perbedaannya. Sebagaimana Paulus mengajarkan Timotius, “Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang”
(1 Timotius 4:15)

Renungkan hal ini:
– Kebiasaan lama apa yang masih Anda lakukan? Bagaimana Anda bisa mulai menggantinya dengan kebiasaan seperti Kristus hari ini?
– Apa satu karakter di mana Anda ingin dikenal orang?
– Siapa orang-orang dalam hidup Anda yang dapat membantu dan mendorong Anda ketika Anda berusaha melakukan kebiasaan dan memiliki karakter yang seperti Kristus?

Bacaan Alkitab Setahun :
Amsal 1-2; II Korintus 1

Hanya ada satu cara untuk mengembangkan kebiasaan dan karakter yang seperti Kristus: Anda harus mempraktikkannya, berulang-ulang kali, hingga itu menjadi bagian dari identitas Anda. Dan itu butuh waktu!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)