Mengusahakan Persatuan di dalam Gereja

Mengusahakan Persatuan di dalam Gereja

17 Februari 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 14:19 “Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.”

Apakah Anda ingin turut ambil bagian dalam mengusahakan keharmonisan dan persatuan di gereja Anda? Jika demikian, berikut ini adalah langkah pertama: Fokuslah pada kesamaan Anda! dengan orang Kristen lainnya, ketimbang fokus pada perbedaan Anda.

Alkitab berkata, “Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun”
(Roma 14:19).

Ketika Anda berkonsentrasi, Anda fokus dan memberikan perhatian penuh kepada sesuatu. Anda tidak begitu saja berkonsentrasi; itu sifatnya intensional. Sebagai orang Kristen, pilihlah untuk fokus pada kesamaan—hal-hal yang menciptakan keselarasan dan kesatuan dalam tubuh Kristus, gereja.

Kesamaan apa yang Anda punya dengan saudara saudari Anda di dalam keluarga Allah? Efesus 4:4-6 mengatakan bahwa orang Kristen memiliki tujuh kesamaan besar: “Satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.”

Kita adalah satu tubuh. Yesus tidak memiliki banyak tubuh. Dia hanya punya satu, gereja!

Kita memiliki satu Roh. Kita semua telah diberikan Roh Kudus yang sama oleh karena keselamatan dari Kristus.

Kita memiliki satu pengharapan. Kita berbagi satu pengharapan yang sama, yaitu kedatangan Yesus yang kedua kali. Dia tidak mati buat selamanya. Dia telah bangkit, naik ke surga, dan berjanji untuk datang kembali.

!Kita memiliki satu Tuhan. Kita tidak menyembah banyak dewa.

Kita memiliki satu iman. Iman kita tertulis dalam satu buku, Alkitab.

Kita memiliki satu baptisan. Kita tak perlu dibaptis ulang setiap kali kita berbuat dosa.

Kita memiliki satu Tuhan. Dia tahu segala sesuatu, melihat segala sesuatu, dan menyertai kita setiap waktu.

Sebagai anggota keluarga Allah, kita juga menerima keselamatan yang sama, pengampunan yang sama, anugerah yang sama, kemurahan hati yang sama, dan masa depan yang sama. Faktor-faktor ini jauh lebih penting daripada perbedaan gender atau ras Anda, bentuk tubuh atau ukuran tubuh Anda, status ekonomi Anda, latar belakang Anda, dosa-dosa Anda, atau apa pun itu.

Selain fokus pada tujuh hal tersebut, jangan lupa bahwa Allah tidak hanya memberi Anda kesamaan dengan orang lain di gereja. Dia juga menciptakan perbedaan-perbedaan.

Allah menganugerahkan kepribadian yang berbeda dan memperlengkapi setiap orang dengan karunia yang berbeda pula.

Anda bukan hanya harus bergaul dengan orang-orang di gereja Anda, tapi juga berusahalah menciptakan keharmonisan dan persatuan yang sejati sambil mengingat satu pengharapan Anda yang sama dengan mereka, kedatangan Yesus kembali.

Renungkan hal ini:
– Bagaimana budaya di zaman ini bertentangan dengan persatuan di dalam gereja?
– Dengan cara apa Anda dapat merayakan perbedaan-perbedaan di gereja Anda sambil tetap fokus pada ke tujuh kesamaan di atas?
– Mengapa fakta bahwa setiap orang Kristen memiliki Roh Kudus di dalam diri mereka memberikan kita semangat?

Bacaan Alkitab Setahun :
Imamat 21-22; Matius 28

Anda bukan hanya harus mengusahakan persatuan di atas dasar Injil, tapi jugaperlu berusaha menghargai dan belajar dari setiap keunikan yang Dia buat atas Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)