Mengapa Anda Harus Bermurah Hati?

Mengapa Anda Harus Bermurah Hati?

01 Desember 2021

Bacaan Hari ini:
2 Korintus 9:13 “Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang.”

Sebagai seorang pengikut Kristus, mengapa bermurah hati itu begitu penting?

Berikut ini tiga alasan mengapa dengan bermurah hati dapat memberikan dampak bagi hidup Anda:

1. Itu membuat Anda bahagia.
Kisah Para Rasul 20:35 mengatakan, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” Dunia ini akan mengatakan kepada Anda bahwa Anda akan merasa lebih bahagia ketika Anda menerima. Namun, Yesus mengubah gagasan itu dan mengajarkan bahwa Anda akan menjadi lebih bahagia ketika Anda memberi, ketimbang ketika menerima.

2. Itu logis.
Alkitab berkata dalam 2 Korintus 9:6, “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.” Anda ingin orang lain bermurah hati kepada Anda, tapi apakah menurut Anda apabila Anda menabur keegoisan, maka Anda akan menuai kemurahan hati dari Tuhan dan sesama? Tuhan berfirman bukan seperti itu cara kerja kehidupan ini. Ada hukum tabur tuai.
Jika Anda ingin menuai kemurahan hati, Anda harus menabur kemurahan hati.

3. Itu menunjukkan kepada dunia seperti apa Allah itu.
Alkitab berkata, “Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang”
(2 Korintus 9:13).

Saya mendapati bahwa cara terbaik untuk bisa menjadi seseorang yang lebih bermurah hati yaitu dengan mengingat kemurahan Tuhan yang luar biasa. Bahkan ketika hidup ini sulit, Anda selalu bisa menemukan kasih karunia Tuhan apabila Anda mau mencarinya. Lihatlah dunia sekeliling Anda. Lihatlah kehidupan yang Dia anugerahkan kepada Anda. Lihatlah bagaimana Dia memenuhi kebutuhan Anda.

Ketika Anda bermurah hati dengan orang lain oleh karena kemurahan hati yang juga Tuhan beri pada Anda, artinya Anda sedang mengarahkan mereka kepada Tuhan.

Renungkan hal ini:
– Kapan Anda merasa lebih bahagia ketika memberi, ketimbang ketika menerima? Sebaliknya, kapan kemurahan hati orang lain memberkati Anda?
– Apa saja cara yang Anda pakai untuk menabur kemurahan hati dalam hidup Anda?
– Dalam hal apa saja Tuhan telah bermurah hati kepada Anda? Bagaimana Anda menunjukkan rasa syukur Anda pada-Nya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mikha 7; Ibrani 13

Tuhan adalah teladan sempurna akan kemurahan hati.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)