Mendengarkan dapat Mengubah Kehidupan

Mendengarkan dapat Mengubah Kehidupan

18 Maret 2022

Bacaan Hari ini:
Amsal 20:5 “Rancangan di dalam hati manusia itu seperti air yang dalam, tetapi orang yang pandai tahu menimbanya.”

Beberapa hari ini kita telah belajar apa saja yang dapat memberikan Anda kepercayaan diri untuk berbagi pengharapan yang Anda miliki di dalam Yesus kepada orang lain. Nah, kunci pendorong kepercayaan diri kita hari ini adalah: Anda dapat menuntun siapa pun untuk datang kepada Yesus apabila Anda mau mendengarkan kunci hati mereka.

Apakah kunci hati seseorang itu? Yaitu luka mereka yang tersembunyi atau kebutuhan mereka yang tak terpenuhi.

Kita semua punya rahasia dalam hidup, hal-hal yang kita tidak ingin orang lain ketahui “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”
(Roma 3:23).
Ketika Anda mampu melihat pergumulan seseorang dengan mendengarkan hati mereka, maka Anda baru saja menemukan jalan untuk menuntun mereka kepada Yesus.

Alkitab berkata, “Rancangan di dalam hati manusia itu seperti air yang dalam, tetapi orang yang pandai tahu menimbanya”
(Amsal 20:5).

Ingatlah, hanya ada satu jalan menuju Allah Bapa, yaitu melalui Yesus Kristus. Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”
(Yohanes 14:6).
Tetapi ada banyak alasan mengapa orang datang kepada Yesus.

Beberapa orang datang kepada Yesus oleh karena mukjizat atau untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan.
Beberapa datang kepada Yesus karena kesepian, rasa bersalah, atau ketakutan.
Yang lainnya untuk mencari tujuan hidup. Ada juga yang berada di tengah krisis relasional atau finansial.

Ada seribu alasan mengapa orang tertarik datang kepada Yesus. Stres, rasa sakit, dan penderitaan selalu selalu jadi alasan utama. Tapi apa pun alasannya, janganlah sia-siakan kesempatan untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa semua jawaban dan kerinduan mereka bisa ditemukan dan digenapi di dalam Yesus.

Renungkan hal ini:
– Apakah mendengarkan orang lain—sungguh-sungguh mendengarkan—adalah hal yang mudah buat Anda? Langkah apa yang akan Anda ambil dari bacaan kita hari ini untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda?
– Apa sakit hati atau kebutuhan tak terpenuhi Anda yang membuat Anda lebih dekat dengan Allah?
– Pikirkan seseorang dalam hidup Anda yang tidak mengenal Yesus. Mintalah Dia untuk membantu Anda memahami kunci hati orang tersebut.

Bacaan Alkitab Setahun :
Ulangan 32-34; Markus 15:26-47

Jika Anda ingin menjangkau satu orang yang spesifik untuk datang kepada Allah, temukanlah kunci hati mereka dengan cara membuka percakapan yang bisa mengubah hidup mereka.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)