Memaafkan dan Melupakan

Renungan Harian 02 Maret 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Anda mungkin sudah mendengar frasa ini berulang kali: “Memaafkan dan melupakan.”
Hanya saja, ada satu masalah: Anda tidak akan bisa melakukannya. Itu mustahil!

Mengapa?
Sebab Anda tak bisa sepenuhnya melupakan rasa sakit dalam hidup Anda. Bahkan, Anda tidak bisa mencoba melupakannya. Setiap kali Anda mencoba untuk melupakan, sesungguhnya Anda sedang fokus pada hal yang sangat ingin Anda lupakan.

Dan sebenarnya, Tuhan tidak ingin Anda melupakan. Sebaliknya, Dia ingin Anda percaya kepada-Nya dan melihat bagaimana Dia dapat mendatangkan kebaikan dari dalam keburukan. Itu lebih penting daripada melupakan.
Anda tidak akan pernah bisa bersyukur kepada Tuhan atas hal-hal yang Anda sudah lupakan.

Roma 8:28 berkata, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Ayat ini tidak mengatakan bahwa segala perkara adalah baik— sebab tidak semua perkara baik adanya. Penyakit itu tidak baik. Hubungan yang rusak itu tidak baik. Perang itu tidak baik. Perlakuan kejam itu tidak baik.

Ada banyak hal dalam hidup ini yang jahat. Tidak semua perkara yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Tuhan.

Akan tetapi, Tuhan berfirman bahwa Dia akan turut bekerja dalam segala sesuatu dalam hidup Anda untuk mendatangkan kebaikan apabila Anda percaya kepada-Nya.

Datanglah ke hadirat-Nya dan berserulah, “Tuhan, aku memberikan setiap bagian hidupku.”

Dia akan mengambil alih kepingan tersebut dan memberikan Anda damai sejahtera di hati. Damai sejahtera ini akan datang ketika Anda menyadari bahwa Anda dapat mengampuni sekalipun Anda tidak memahami maksud dari rasa sakit di dalam hidup Anda itu, sebab Anda tahu Tuhan akan menggunakannya untuk mendatangkan kebaikan.

Anda tak perlu melupakan kesalahan yang pernah dilakukan seseorang terhadap Anda. Anda tidak akan pernah bisa melakukannya bahkan jika Anda mencobanya! Namun sebaliknya, Tuhan berkata Anda tidak perlu melupakannya. Anda hanya perlu memaafkan dan kemudian melihat bagaimana Dia akan mendatangkan kebaikan dari luka tersebut.

Renungkan hal ini:
– Siapa yang belum Anda maafkan karena Anda tidak ingin melupakan atau melepaskan apa yang telah mereka lakukan kepada Anda?
– Apa yang perlu Anda lakukan hari ini untuk mengampuni orang-orang tersebut dan melanjutkan hidup Anda? Bagaimana dengan mengetahui kebenaran Firman bahwa Tuhan tidak mengharapkan Anda untuk melupakan rasa sakit Anda dapat membantu Anda?
– Bagaimana selama ini Anda melihat Tuhan bekerja dengan baik dalam hidup Anda di tengah situasi yang sulit?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 24-27; Markus 8:1-21

Ketika Anda melihat Tuhan mendatangkan kebaikan dari situasi yang buruk, maka Anda dapat mengucap syukur kepada Tuhan atas pekerjaan baik itu.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)