Melayani dengan Menghargai Orang Lain

Melayani dengan Menghargai Orang Lain

 

11 Oktober 2022

 

Bacaan Hari ini:

Efesus 4:29 “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

 

 

*Rasa syukur yang radikal artinya Anda akan menjalani hidup dengan bersyukur dalam segala situasi, apa pun yang terjadi—di saat senang, sulit, baik, buruk, tepat, salah, apa pun itu. Anda dapat mengembangkan sikap syukur dengan memilih untuk bersyukur dalam setiap situasi. Sikap syukur yang radikal ialah dengan melayani orang lain.*

 

Pernahkah Anda sadari bahwa setiap orang percaya ialah pendeta? Anda adalah seorang pendeta! Karena setiap orang Kristen adalah seorang pendeta, itu artinya Anda harus melayani orang lain. *Anda diselamatkan untuk melayani.*:Dan misi yang dapat Anda lakukan ialah menghargai orang lain.

 

Tahukah Anda apa arti dari kata “apresiasi”? Jika Anda pernah membeli mobil, Anda pasti tahu arti dari depresiasi. Begitu Anda mengendarainya keluar dari tempat parkir, maka nilai mobil itu berkurang dari yang Anda bayarkan, meskipun itu kendaraan baru sekali pun. Depresiasi berarti “menurunkan nilai.” Apresiasi adalah kebalikannya, “meningkatkan nilai.”

 

Ketika Anda menghargai suami Anda, Anda meningkatkan nilainya. Ketika Anda menghargai istri Anda, Anda meningkatkan nilainya. Ketika Anda menghargai anak-anak Anda, Anda meningkatkan nilai mereka. Ketika Anda menghargai rekan kerja Anda, Anda meningkatkan nilai mereka. Ketika Anda menghargai bos Anda, Anda meningkatkan nilai mereka.

 

Melayani dengan menghargai orang lain meningkatkan nilai mereka. Ketika membangun rasa syukur yang radikal, Anda juga sekaligus dapat melakukan pelayanan dengan sesederhana menghargai orang lain.

 

Alkitab mengatakan, “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia” 

(Efesus 4:29).

Salah satu hal yang saya sadari yaitu bahwa setiap orang membutuhkan dorongan besar. Saya belum pernah bertemu seorang pun yang berkata, “Oh maaf! Saya tidak butuh pujian! Saya sudah punya terlalu banyak. Tolong hentikan! Saya terlalu dikuatkan. Jangan berikan aku lagi.”

 

Jika Anda ingin dipakai oleh Tuhan dalam pekerjaan-Nya, inilah salah satu caranya: Kuatkan semua orang. Hargai semua orang. Tunjukkan rasa terima kasih Anda kepada semua orang.

 

Begitulah cara Anda mengembangkan pelayanan dengan menghargai orang lain.

 

Renungkan hal ini:

– Bagaimana rasanya ketika sesorang menunjukkan apresiasinya terhadap Anda?

– Apa saja cara, selain mengucapkan, untuk menunjukkan apresiasi Anda?

– Bagaimana apresiasi dan penguatan dari orang lain membuat Anda lebih dekat dengan Tuhan?

 

 

 Bacaan Alkitab Setahun :

Yesaya 52-57; Kolose 1 : 15-29 

 

 

*Anda punya kebutuhan untuk dikuatkan, dicintai, dan dihargai-begitu pula orang lain.*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)