Manfaat Menjadi Anggota Keluarga Gereja, Bagian 2

Manfaat Menjadi Anggota Keluarga Gereja, Bagian 2

26 Februari 2022

Bacaan Hari ini:
Mazmur 100:3 “Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.”

Menjadi anggota keluarga gereja memberikan banyak manfaat. Kemarin kita melihat dua manfaat: Melalui gereja, Anda mempelajari identitas asli Anda dan Anda ditopang oleh orang percaya lainnya. Hari ini kita akan melihat tiga manfaat berikutnya.

3. Anda menemukan keunikan Anda. Setiap orang unik. Tak ada orang yang seperti Anda di Bumi ini. Itulah mengapa gereja membutuhkan Anda—untuk melengkapi tubuh Kristus. Roma 12:4-5 mengatakan, “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.”

4. Anda mendapatkan perlindungan. Mazmur 100:3 mengatakan, “Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.”

Apa manfaatnya menjadi bagian dari kawanan domba Allah? Anda dibela dan dipedulikan. Ada orang-orang yang memperhatikan Anda. Anda dapat menikmati keselamatan dan keamanan yang berasal dari keluarga yang percaya kepada Yesus, Gembala yang Baik.

Terhubung dengan gereja Allah—menjadi kawanan domba Allah—juga menjadikan Anda lebih percaya diri dan tidak terlalu cemas. Ketika menghadapi kesulitan di dunia bisnis, katakan, “Saya tidak sendiri.” Ketika ada ketegangan dalam hubungan Anda dengan orang lain, katakan, “Saya tidak sendiri.” Atau ketika Anda menghadapi krisis kesehatan, katakan, “Saya tidak sendiri.” Mengapa? Sebab Anda memiliki keluarga gereja yang mengasihi Anda.

5. Anda menjadi produktif. Kebanyakan orang ingin hidup mereka memberi arti. Mereka ingin membuat suatu perbedaan. Bagaimana cara yang paling tepat untuk melakukannya? Dengan tetap terhubung dengan keluarga gereja. Itulah kuncinya—Anda harus tetap terhubung.

Yesus berkata, “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”
(Yohanes 15:1, 5).

Intinya adalah: Anda tak akan pernah menjadi seproduktif yang Tuhan inginkan apabila Anda tidak terhubung dengan keluarga gereja. Gereja Anda mengajarkan Anda pertanyaan-pertanyaan tepat untuk ditanyakan dan prioritas-prioritas yang tepat untuk diterapkan. Sebuah ranting yang dipotong tidak dapat berbuah. Tetapi ketika Anda menghubungkan diri dengan pokok anggur yang benar, Yesus, Anda menyalurkan energi yang Anda dapat dari-Nya kepada orang lain.

Tidak ada apa pun di dunia ini yang dapat memberi Anda apa yang gereja berikan. Hanya gereja yang dapat memenuhi kebutuhan Anda akan signifikansi, stabilitas, perlindungan, produktivitas, dan dihargai.

Renungkan hal ini:
– Bagaimana saat ini Tuhan menggunakan talenta dan karunia orang lain untuk memberi manfaat bagi kehidupan Anda?
– Dengan segala sesuatu yang terjadi di dunia kita saat ini, mengapa begitu penting untuk mencari perlindungan dari keluarga gereja?
– Pikirkan seseorang yang sedang membuat perbedaan besar di dunia lewat gereja mereka. Bagaimana semangat mereka itu mendorong Anda untuk melakukan hal yang sama?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 15-16; Markus 6:1-29

Anda membutuhkan orang lain, dan mereka membutuhkan Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)