Manfaat Menjadi Anggota Keluarga Gereja, Bagian 1

Manfaat Menjadi Anggota Keluarga Gereja, Bagian 1

25 Februari 2022

Bacaan Hari ini:
Roma 1:12 “Yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.”

Semakin baik Anda terhubung dengan keluarga gereja, semakin Anda akan merasakan manfaat yang ditawarkannya.

Apa yang ditawarkan gereja?
Ada lima manfaat ketika Anda menjadi anggota keluarga gereja. Hari ini kita akan melihat dua manfaat yang pertama.

1. Anda mempelajari identitas asli Anda. Banyak orang sering kali mencari jati diri mereka pada hal-hal yang dangkal; seperti di dalam karir, harta kekayaan, atau tim olahraga favorit mereka. Bahkan mereka mencoba mencari identitas mereka pada merek pakaian yang mereka kenakan. Tetapi ketika Anda menjadi menjadi milik Yesus, maka Allah memberi Anda sebuah identitas yang benar-benar baru.

Alkitab berkata, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”
(2 Korintus 5:17).

Ketika Anda menjadi milik Yesus, maka Allah menjadikan Anda anggota keluarga-Nya, gereja. Tidak seperti keluarga jasmani Anda— meninggal, hubungan menjadi jauh, tinggal terpisah, atau bercerai—keluarga rohani Anda sifatnya permanen dan akan ada selama-lamanya di surga. Efesus 2:19 mengatakan, “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah.”

2. Anda ditopang oleh tubuh Kristus. Seperti layaknya struktur bangunan yang kuat, kita pun harus saling menopang. Tanpa adanya sistem pendukung gereja yang stabil, di satu titik dalam kehidupan Anda, kemungkinan besar Anda akan tumbang.

Alkitab berkata, “Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh”
(Efesus 2:21-22).

Bertahun-tahun yang lalu, ketika saya menyusun set LEGO bersama cucu-cucu saya, Anda tahu apa yang saya temukan? Setiap keping LEGO tidak ada fungsinya jika berdiri sendiri, kecuali jika itu saling disambungkan dengan kepingan lainnya. Jika satu persatu dicopot, mereka hanyalah sebuah tumpukan benda plastik. Tetapi ketika Anda menghubungkannya, Anda bisa membangun apa saja yang Anda mau.

Roma 1:12 mengatakan, “Yaitu, supaya aku ada di antara kamu dan turut terhibur oleh iman kita bersama, baik oleh imanmu maupun oleh imanku.” Itulah alasan mengapa kita harus menjadi anggota gereja—agar umat Allah dapat bersama-sama mengatakan ini, “Imanmu akan membantuku, dan imanku akan membantumu.”

Renungkan hal ini:
– Selain di dalam Yesus, di dalam apa terkadang Anda tergoda untuk menempatkan identitas diri Anda?
– Bagaimana keluarga rohani Anda mendorong Anda untuk merangkul identitas diri Anda yang sejati di dalam Kristus?
– Jelaskan satu waktu di mana Anda terputus dari gereja dan tidak memiliki siapa pun yang menopang Anda. Keadaan apa yang yang membawa Anda kembali pada keluarga gereja? Jika Anda tak pernah terputus dari anggota keluarga Allah, bagaimana selama ini keluarga gereja Anda menopang Anda melewati masa-masa sulit?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 12-14; Markus 5:21-43

Anda tidak dirancang oleh Allah untuk melakukan segalanya sendiri. Anda memerlukan dukungan jasmani, rohani, emosional, dan mental.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)