Lima Hal yang Dapat Anda Lakukan di Tengah Badai

Renungan Harian 23 Februari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Matius 14:30 “Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak, “Tuhan, tolonglah aku!”

Ketika Anda dihantam badai, Tuhan tidak menjauh atau lepas tangan. Dia ada bersama Anda, dan Dia bekerja dalam hidup Anda untuk mendatangkan kebaikan buat Anda.

Apabila Anda merasa hendak tenggelam ditelan badai, berikut ini lima hal yang Tuhan ingin Anda lakukan:

1. Jangan takut, karena Yesus beserta Anda.

Jangan pernah berdebat dengan rasa takut. Perintahkan ke mana ia harus pergi! Perintahkan ia untuk berdebat dengan Yesus.

2. Ambil risiko di dalam iman.

Jangan minta Tuhan untuk memberkati apa yang Anda lakukan. Sebaliknya, lakukan apa yang Tuhan berkati. Tanyakan pada-Nya apa yang Dia ingin Anda lakukan, dan kemudian bersedialah utnuk melakukannya bersama Dia.

3. Tetap fokus pada Yesus.

Saat Anda mengalihkan pandangan dari Tuhan, maka Anda akan tenggelam.
Matius 14:30 mengatakan, “Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak, “Tuhan, tolonglah aku!” Bila Anda fokus pada badai — keadaan Anda — maka Anda akan tenggelam, seperti Petrus.

4. Jangan ragu.

Anda tidak perlu iman yang besar untuk bisa berhasil melewati badai dalam hidup Anda. Anda hanya perlu meletakkan iman Anda pada satu Pribadi yang tepat — Yesus Kristus.

5. Puji Tuhan.

Bahkan di tengah badai sekalipun, bahkan ketika Anda merasa seolah akan tenggelam, walau Anda ketakutan setengah mati sekalipun— pujilah Dia sepanjang waktu. Bersyukurlah kepada Tuhan di tengah badai.

Badai apa yang membuat Anda takut sekarang?
Badai apa yang sedang berusaha menenggelamkan Anda?
Menurut Anda mengapa Tuhan membiarkan Anda melewati badai ini?

Tuhan membiarkan Anda untuk melewati badai ini atas dasar alasan yang sama saat Dia mengutus murid-murid-Nya ke tengah badai. Dia ingin Anda tahu: “Akulah satu-satunya yang engkau butuhkan. Aku dapat menangani apa pun. Aku akan datang di tengah perkara yang paling menakutimu itu. Aku tidak menyuruhmu untuk datang kepada-Ku. Sebaliknya, Aku akan datang kepadamu.”

Renungkan hal ini:
– Badai apa yang Anda butuhkan untuk dapat berserah diri kepada Yesus hari ini?
– Bagaimana Anda bertumbuh dalam pemahaman tentang Tuhan karena badai di masa lalu dalam hidup Anda? Apa yang bisa Anda lakukan untuk membatasi gangguan-gangguan yang membuat Anda tidak fokus pada Tuhan?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 7-8; Markus 4:21-41

Jika saat ini Anda merasa seperti tenggelam hari ini, jangan takut. Panggil saja Yesus. Anda akan mendapati Dia menyertai Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)