Ketika Ponsel Anda Menjadi Berhala Anda

Renungan Harian 17 Oktober 2020 dengan Bacaan Hari ini:
Lukas 10: 41-42 “Tetapi Tuhan menjawabnya: “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Apakah Anda adalah tuan atas ponsel Anda, atau apakah Anda adalah hamba atas ponsel Anda?

Jika Anda menjadikan ponsel Anda sebagai sesuatu yang paling berharga dalam hidup Anda, maka ponsel Anda telah menjadi tuhan Anda. Jika Anda membiarkan ponsel menyita perhatian Anda dari hal yang terpenting, maka ponsel Anda telah menjadi berhala Anda. Ponsel Anda telah menjadi tuan atas Anda.

Yesus pernah mengunjungi rumah teman-Nya, Marta dan Maria, saudara perempuan Lazarus. Sementara Marta sibuk menyiapkan makanan dan berperan sebagai nyonya rumah yang baik, saudara perempuannya Maria duduk di dekat kaki Yesus dan mendengarkan pengajaran-Nya.

Melihat itu, Marta pun menjadi kesal dan berkata kepada Yesus, “Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku”
(Lukas 10:40).

“Tetapi Tuhan menjawabnya, “Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya”
(Lukas 10: 41-42).

Alkitab mengatakan bahwa karena begitu sibuk menjamu para tamu, perhatian Marta teralihkan. Dan itu malah menjauhkannya dari hal yang paling penting: bersama dengan Yesus.

Seringkali, di momen seperti itu, Anda mungkin beranggapan bahwa Anda sedang fokus pada hal yang tepat — membalas pesan singkat, menelepon, memeriksa status media sosial, menjawab email. Tetapi jika sesuatu malah mengahambat Anda untuk melakukan hal yang paling utama, maka hal tersebut sudah mengambil alih hidup Anda.

Setiap hari duduklah di dekat kaki Yesus dalam hidup Anda. Itu dinamakan saat teduh. Duduklah dengan tenang dan berdoalah dan bacalah Alkitab dan biarkanlah Tuhan berbicara kepada Anda melalui Firman-Nya. Akui dosa Anda dan mintalah kepada Tuhan segala yang Anda butuhkan dan muliakanlah Dia sebab Dialah Tuhan. Itulah bagian terpenting dari hari Anda, karena itu memengaruhi hal-hal lainnya di sepanjang hari Anda. Itu menentukan seberapa banyak Anda mau mengenal Tuhan dan bertumbuh sebagai pengikut Yesus.

Ketika Anda harus memilih antara meluangkan waktu untuk bersaat teduh atau untuk menggunakan ponsel Anda, mana yang akan Anda pilih? Jika Anda seperti orang kebanyakan, Anda menghabiskan tiga jam dan 15 menit dengan ponsel Anda setiap harinya. Berapa lama yang Anda habiskan untuk Firman Tuhan?

Bacaan Hari ini:
– Bagaimana Anda dapat menggunakan sebagian waktu yang Anda habiskan dengan ponsel Anda setiap hari, dan sebaliknya menggunakannya untuk pemuridan?
– Saat Anda mencoba memprioritaskan apa yang terpenting, mengapa merencanakan waktu membantu Anda?
– Apakah Anda selalu membawa ponsel Anda ke mana pun? Jika ya, hari ini berlatihlah untuk menjaga jarak dari ponsel Anda, atau setidaknya dari aplikasi ponsel Anda. Apa bedanya?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 13-16; I Tesalonika 1

Jangan biarkan diri Anda teralihkan. Anda memiliki kendali atas bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Pilihlah untuk menggunakannya untuk hal yang paling penting.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)