Ketika Anda Ditindas Ingat Siapa Anda

Renungan Harian 20 Oktober 2020 dengan Bacaan Hari ini:
1 Yohanes 4: 4 “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”

Apa identitas Anda?
Jika Anda orang Kristen, maka Anda adalah putra putri dari Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Anda adalah bagian dari keluarga Allah. Anda diciptakan menurut gambar-Nya. Dia menyayangi Anda. Dia punya tuujuan menciptakan Anda, dan Dia punya rencana untuk hidup Anda.

Anda perlu ingat siapa Anda saat dilecehkan atau ditindas. Mengapa?
Sebab penindas atau perundung bisa mencium kelemahan, ketidakamanan, dan ketidakpercayaan diri dari jarak satu meter.

Para penindas biasanya tidak mengincar orang yang berani atau percaya diri. Mereka mencari seseorang yang sedang sedih atau yang berkecil hati atau yang lemah. Mereka senang menghina orang-orang ketika mereka berada di momen paling rentan mereka.

Lalu, siapa Anda?
Anda tidak seperti yang dikatakan orang lain tentang Anda. Anda adalah apa yang Tuhan katakan tentang Anda. Tuhan selalu mengatakan kebenaran, dan kebenaran itulah yang memerdekakan Anda serta memberi Anda keyakinan dan keberanian. Anda tidak akan mudah ditipu atau dimanipulasi apabila Anda percaya diri dengan siapa Anda.
Hari ini Anda harus menyelesaikan masalah tentang identitas Anda dan siapa diri Anda, karena itu akan membentuk segala bidang kehidupan Anda.

Allah adalah Pencipta Anda. Yesus telah mati untuk Anda. Roh Kudus tinggal di dalam Anda. Anda punya Allah Tritunggal di belakang Anda.

Alkitab berkata, “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia”
(1 Yohanes 4: 4).

Saat ini Setan mungkin sedang mencoba membuat Anda jatuh lewat para penindas atau perundung. Namun Dia yang ada di dalam Anda jauh lebih besar dari dia yang ada di dunia.

Ingatlah identitas Anda.
Itulah yang dilakukan oleh Daud, salah satu raja Israel terhebat, saat menulis Mazmur ini: “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?”
(Mazmur 56: 3-4).

Jika Tuhan ada di pihak Anda, maka tak jadi masalah siapa pun yang menjadi lawan Anda. Anda mungkin pernah mendengar ungkapan, “Satu manusia ditambah Tuhan sama dengan mayoritas.”

Jika Tuhan ada buat Anda, lantas apa yang bisa dilakukan orang lain terhadap Anda yang dapat mengubah identitas Anda di dalam Tuhan dan bagaimana perasaan Tuhan terhadap Anda?

Sama sekali tidak ada.

Renungkan hal ini:
– Pilihlah salah satu ayat Alkitab dari renungan kita hari ini. Mulailah menghafalkannya hari ini agar itu akan menguatkan Anda ketika Anda terintimidasi.
– Selain Yesus Kristus, selama ini apa yang mendasarkan identitas Anda? Bagaimana itu atau apakah itu memengaruhi kepercayaan diri Anda?
– Apa maksud dari Mazmur 56: 4 yang mengatakan, “Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?” Apakah dengan menjadi orang Kristen berarti Anda tidak akan pernah mengalami rasa sakit fisik dan emosional?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yeremia 25-28; I Tesalonika 4 : 1-12

Janganlah khawatir dengan para penindas, sebab mereka sesungguhnya tidak punya kuasa atas Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)