Ketahuilah Apa yang Penting – dan Apa yang Tidak

Ketahuilah Apa yang Penting – dan Apa yang Tidak
 
28 Juni 2022
 
Bacaan Hari ini:
Filipi 3:8 “Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus.”
 
Setiap hari saat Anda bangun tidur, Anda harus mengingatkan diri Anda akan apa yang penting dan apa yang tidak. Janganlah terpengaruh akan hal-hal yang tidak penting dan sepele.
 
Mengapa penting untuk mengingatkan diri Anda sendiri tentang hal-hal yang penting? Sebab sangat mudah buat Anda untuk kehilangan sukacita oleh karena beberapa hal kecil. Bahkan biasanya gangguan kecil—bukan masalah besar—yang menyebabkan Anda kehilangan kebahagiaan Anda. Seseorang menyalib mobil Anda ketika Anda mencoba berbelok, dan Anda kehilangan kebahagiaan Anda. Pakaian yang Anda kenakan tidak muat lagi, dan Anda kehilangan kebahagiaan Anda. Itulah hal-hal kecil yang terkadang paling memengaruhi kita, yang sebenarnya tidaklah terlalu penting.
 
Paulus berkata dalam Filipi 3:7, “Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus.”
 
Apa hal paling berharga dalam hidup Anda sebelum Anda bertemu Yesus Kristus? 
Apakah itu karir Anda? Mencari uang? Mungkin berkencan atau menjadi terkenal.
Paulus mengatakan, “Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus” 
(Filipi 3:8).
 
Ini pertanyaan bagus yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri ketika Anda teralihkan oleh hal-hal yang tak penting: Seberapa penting ini buat 100 tahun ke depan? Banyak hal tidak akan akan jadi penting esok hari, apalagi buat selamanya. Semua hal yang dulu Anda pedulikan bahkan tidak akan sebanding dengan sukacita yang datangnya dari memiliki hubungan dengan Yesus.
 
Ketika Anda menjadi seorang Kristen, Yesus mengubah nilai-nilai yang Anda pegang. Anda tidak lagi ingin melakukan hal-hal yang biasa Anda lakukan. Dia mengubah “keinginan” Anda.
 
Renungkan hal ini:
– Hal-hal kecil apa yang selama ini Anda khawatirkan yang sekarang tengah merampas kebahagiaan Anda?
– Apa saja cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memusatkan kembali fokus Anda kepada Tuhan dan tetap memandang segala hal dari perspektif Tuhan?
– Apa hal terpenting buat Anda sebelum Anda percaya kepada Yesus Kristus? Bagaimana Anda memandang hal itu sekarang?
 
 
Bacaan Alkitab Setahun :
Ayub 11-13; Kisah Para Rasul 9:1-21
 
 
Ketika Allah hadir ke dalam hidup Anda, Anda belajar sukacita dari mengenal Yesus. Dan itulah hal yang benar-benar penting.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)