Kembali kepada Tuhan

Kembali kepada Tuhan

03 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Yeremia 29:13 “Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,”

Seberapapun jauhnya Anda dari Tuhan hari ini, ada jalan untuk kembali kepada-Nya.

Saya tidak tahu bagaimana kehidupan rohani Anda saat ini. Mungkin Anda belum kembali ke gereja selama bertahun-tahun, atau mungkin Anda menjauh selama satu atau dua bulan ini. Mungkin Anda berada di minggu di mana Anda berpikir, “Saya benar-benar tidak merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup saya.” Tapi Anda rindu untuk dekat dengan Tuhan.

Bagaimana cara Anda kembali pada-Nya?

Berikut ini jalan menuju transformasi spiritual—tiga hal yang harus Anda lakukan untuk kembali kepada Tuhan:

1. Sadarilah bahwa Anda perlu berubah. Tak ada yang akan berubah dalam hidup Anda sampai Anda merasa tidak puas dengan diri Anda. Anda harus sampai pada titik di mana Anda berkata, “Saya tidak suka ini. Saya lelah menjadi stres sepanjang waktu. Aku lelah dikecewakan terus menerus. Saya lelah terus-menerus bekerja terlalu keras. Saya lelah merasa jauh dari Tuhan.”

Mengapa Tuhan membiarkan Anda sampai pada titik tersebut?
Karena Dia mengasihi Anda apa adanya, tetapi Dia terlalu sayang pada Anda melihat Anda tetap seperti itu. Dia tidak akan membiarkan Anda menyia-nyiakan hidup Anda.

Tuhan berfirman dalam Yeremia 29:13, “Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.”

2. Akui dosa Anda. Yesaya 59:2 mengatakan, “Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.”

Pernahkah Anda berdoa dan merasa seolah Tuhan berada satu juta mil jauhnya, atau seolah ada tembok pemisah antara Anda dan Tuhan?

Dari mana asalnya itu? Dosa-dosa Anda telah memisahkan Anda dari Allah. Tetapi jika Anda merasa jauh dari Dia, menurut Anda siapa yang sebenarnya pergi menjauh? Anda! Allah selalu ada di sana. Dia mencintai Anda tanpa syarat, dan Dia tengah menunggu Anda untuk mengakui dosa-dosa Anda sehingga Anda dapat menjalin hubungan dengan-Nya lagi.

3. Serahkan kendali Anda.
Alkitab berkata dalam 2 Korintus 3:18, “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”

Transformasi yang sejati terjadi ketika hati Anda bergerak dari egoisme menuju kepada Tuhan. Apakah Anda sudah sampai pada transformasi tersebut?

Transformasi tersebut tidak terjadi dalam semalam. Tuhan akan bekerja di dalam Anda sepanjang hidup Anda. Akan tetapi untuk memulai proses tersebut, Anda harus mengambil keputusan untuk bertobat dan, “demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati”
(Roma 12:1).

Tuhan ingin dekat dengan Anda dan Dia berjanji bahwa ketika Anda mengikuti Dia dengan sungguh-sungguh maka Anda tidak akan kecewa.

Renungkan hal ini:
– Mengapa kadang sulit untuk melepaskan hal-hal yang membuat Anda stres?
– Bagaimana mengakui dosa membuka pintu pertumbuhan rohani Anda dan mendekatkan diri Anda kepada Yesus?
– Apa artinya menjadi “persembahan yang hidup”?
– Perubahan apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda secara konsisten mengikuti Tuhan dengan segenap hati, pikiran, dan jiwa Anda di tahun 2022?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 7-9; Matius 3

Perhatikanlah dengan penuh harap bagaimana Tuhan bekerja di dalam hidup Anda di tahun ini, ketika Anda mengikuti Dia dengan segenap hati, pikiran, dan jiwa Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)