Kekuatan dari Menghargai

Kekuatan dari Menghargai

 

23 November 2022

 

Bacaan Hari ini:

Efesus 1:16 “Aku pun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku”

 

 

Tidak ada rahasia yang rumit untuk bisa bekerja sama dengan orang lain. *Anda hanya perlu belajar menghargai mereka!*

 

Bagaimana cara menghargai orang lain? Itu mudah. *Pertama, berlatihlah cara memperhatikan upaya dan kontribusi orang lain. Kemudian, biasakan mengatakan, “Terima kasih” kepada mereka.*

 

Nehemia menunjukkan empat cara untuk menunjukkan apresiasi kepada orang lain:

 

*Kenali setiap individu dengan nama mereka.* Saat Anda berterima kasih kepada orang-orang dalam hidup Anda yang melakukan pekerjaan dengan baik, jangan hanya berkata, “Kalian semua telah melakukan pekerjaan dengan baik. Terima kasih!” Katakanlah secara spesifik, seperti yang Nehemia lakukan. Dia telah memilih 71 orang untuk membantunya. Ia kemudian menyatakan apresiasinya dengan memanggil nama mereka masing-masing.

 

*Kenali pekerjaan orang lain secara spesifik.* Orang merasa dihargai saat Anda mengenali detail pekerjaan mereka. Mengatakan “Kau telah melakukan pekerjaan dengan baik,” sebaliknya, katakan, “Aku bangga denganmu karena mengerjakan ini..”

 

Nehemia mengapresiasi detail pekerjaan dari orang-orang itu. Dia berkata, “Pintu gerbang Lama diperbaiki oleh Yoyada bin Paseah dan Mesulam bin Besoja. Mereka memasang balok-balok lalu memasang pintu-pintunya dengan pengancing-pengancing dan palang-palangnya” 

(Nehemia 3:6). 

Nehemia memperhatikan pekerjaan yang telah dikerjakan umat-Nya secara detail.

 

*Kenali sikap yang baik.* Sulit untuk tidak memperhatikan sikap baik di dunia yang penuh kejahatan ini. Dalam Nehemia 3:20 dikatakan, Nehemia menyebutkan satu orang oleh karena sikapnya yang baik: “Di sampingnya Barukh bin Zabai memperbaiki bagian yang berikut, dari Sudut sampai pada pintu masuk rumah imam besar Elyasib” 

(Nehemia 3:20).

 

Ketika Anda memperhatikan semangat dan antusiasme orang lain, maka itu juga memberi energi baru buat mereka dan juga menular kepada orang lain. Dan pada akhirnya, Anda akan punya lebih banyak orang yang akan membantu Anda mewujudkan visi yang telah Tuhan berikan kepada Anda.

 

*Kenali upaya ekstra.* Seorang bapak bernama Meremot disebutkan dua kali dalam kitab Nehemia karena ia melakukan upaya dan memberi kontribusi yang luar biasa besar. Pertama, dia memperbaiki pintu gerbang Ikan. Kemudian, dia “memperbaiki bagian yang berikut(nya)” 

(Nehemia 3:21). 

Nehemia mengenali usaha ekstra Meremot dan ingin agar orang lain mengetahui itu juga.

 

Banyak orang dalam hidup saya telah melakukan upaya yang luar biasa untuk melayani orang lain. Hal itu memberi saya suatu kegembiraan besar untuk mengapresiasi kontribusi mereka dan memberi tahu mereka betapa mereka dihargai. Kadang saya mengatakannya langsung. Kadang juga, saya memberi mereka kartu atau catatan. Itu karena saya telah membangun kebiasaan untuk memperhatikan upaya dan sikap orang lain, mengenali ketekunan mereka, dan mendorong mereka untuk terus maju.

 

Renungkan hal ini:

– Bagaimana sikap Anda terhadap pekerjaan ikut memengaruhi orang-orang di sekitar Anda?

– Menurut Anda mengapa begitu banyak orang tidak meluangkan waktu dan berusaha untuk mengakui pekerjaan baik orang lain?

– Siapa seseorang dalam hidup Anda yang melakukan upaya ekstra? Mungkin itu seseorang di keluarga Anda, di gereja, atau di tempat kerja. Buatlah rencana untuk mengucapkan rasa terima kasih Anda kepada mereka minggu ini karena telah menjadi orang yang “berusaha lebih keras.”

 

 

 Bacaan Alkitab Setahun :

Mikha 1:8-16 ; Ibrani 7:11-28 

 

 

*Dibutuhkan latihan untuk menjalani hidup dengan sikap syukur serta semangat dalam menghargai orang lain. Mulailah mempraktikkannya hari ini!*

(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)