Kata Kata Bijak Membangun Sesama

Bacaan Hari in toi:
Efesus 4:29 “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Jika Anda ingin membuat suatu perubahan dalam rumah, pernikahan, sekolah, pekerjaan, atau hubungan Anda, perhatikanlah cara Anda berbicara.

Ketika Nehemia meninggalkan posisinya sebagai juru minuman Raja Artahsasta untuk kembali ke Yerusalem guna membangun kembali tembok di kampung halamannya itu. Nehemia tahu bahwa ia harus meminta bantuan orang-orang Yahudi di sana. Karena ia hendak melibatkan mereka dalam rencana pembangunan itu, maka ia perlu berbicara dengan orang dalam, bukan orang luar.

Alkitab mengatakan, “Berkatalah aku kepada mereka: “Kamu lihat kemalangan yang kita alami, yakni Yerusalem telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar. Mari, kita bangun kembali tembok Yerusalem, supaya kita tidak lagi dicela”
(Nehemia 2:17).

Perhatikan Nehemia mengatakan “kita,” bukan “aku.” Apa maksud kata-katanya itu? Nehemia sedang membangun masyarakat. Dia tidak mengangkat tangannya dan berseru, “Saya di sini untuk menyelamatkan kota ini dan memperbaiki segalanya, karena kalian sepertinya tidak peduli meski hidup di antara tumpukan puing-puing ini.”
Tidak, sebaliknya ia berkata, “Ini masalah kita. Bila bersama-sama, saya yakin kita mampu, karena Tuhan beserta kita.”

Ketika para pemimpin hebat memiliki mimpi, mereka membentuk sebuah tim. Itulah yang disebut kepemimpinan. Pemimpin yang hebat tidak muncul dan mulai menyalahkan orang. Mereka turut memikul tanggung jawab tim.

Terkadang dalam hidup, Anda akan melihat masalah dan harus memilih antara memperbaiki kesalahan atau memperbaiki masalah. Setiap kali Anda menyalahkan orang lain, Anda sedang menurunkan motivasi mereka. Setiap kali Anda fokus pada solusi, Anda meningkatkan motivasi mereka.

Efesus 4:29 mengatakan, “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Renungkan hal ini:
– Interaksi apa yang Anda lakukan setiap hari yang akan sangat mendapatkan manfaat apabila Anda menggunakan lebih banyak kata “kami” dan “kita”?
– Kapankah Tuhan pernah menggunakan “kerja tim,” seperti di tempat kerja, sekolah, komunitas, atau rumah Anda, untuk membantu mewujudkan sebuah mimpi menjadi kenyataan?
– Baca Mazmur 3:3. Dorongan apa yang Anda dapat dari ayat ini ketika seseorang menggunakan kata-kata yang membuat Anda down saat Anda berusaha membangun sebuah tim untuk mengerjakan suatu misi?

Bacaan Alkitab Setahun :
Yunus 1-2; Ibrani 6:1-8

Hal-hal hebat terjadi ketika Anda menyatukan orang lain dengan kata-kata Anda dan membantu mereka untuk berhasil dalam sesuatu yang selalu ingin mereka capai—bersama-sama.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)