Karunia dan Talenta Anda Bukan Hanya untuk Kebaikan Anda

Renungan Harian 14 Januari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
1 Korintus 1: 4, 7 “Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.”

Ketika Tuhan merancang Anda, Dia menciptakan Anda dengan sejumlah karunia, bakat, kemampuan, dan keahlian yang berbeda. Ada cara-cara tertentu yang Anda pikirkan dan lakukan yang mudah untuk Anda kuasai.

Karunia dan kemampuan tersebut merupakan cara Tuhan membentuk Anda. Tetapi Tuhan tidak membentuk Anda secara unik untuk keuntungan Anda sendiri.

Karunia Anda bukan hanya untuk kepentingan Anda sendiri.

Karunia Anda adalah untuk kepentingan orang lain. Dan itu artinya karunia mereka adalah untuk kepentingan Anda juga.

Salah satu karunia saya ialah mengajar.
Saya sudah menggunakan karunia tersebut selama bertahun-tahun untuk kepentingan orang lain.

Begitu pun dengan Anda, karunia Anda bisa bermanfaat bagi orang-orang dalam hidup Anda.

Mungkin Anda sudah tahu apa yang benar-benar Anda kuasai. Menurut Anda mengapa Tuhan membuat Anda ahli dalam hal-hal tersebut? Dia ingin Anda menggunakan karunia tersebut untuk orang lain!

Bagaimana seharusnya Anda menggunakan karunia atau talenta itu di waktu yang tersisa ini sebelum Yesus datang kembali? Anda harus menggunakannya untuk menjangkau orang lain dan menuntun mereka kepada Yesus. Anda harus menggunakannya untuk menjadi duta kasih di dunia.

Malah sebenarnya, apabila Anda tidak menggunakan karunia-karunia unik tersebut sebagaimana yang Tuhan kehendaki, maka Anda benar-benar menyia-nyiakannya.

Tuhan tidak memberi Anda karunia hanya untuk digunakan sendiri.
Yakobus 4:17 mengatakannya seperti ini: “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Jika Anda tahu apa yang Anda kuasai dan Anda tahu bahwa ada banyak orang di dunia ini yang memerlukan bantuan Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Siapa yang akan Anda layani? Siapa yang akan Anda bantu antara saat ini dan ketika dunia ini berakhir dan kekekalan dimulai?

Tuhan telah memberikan Anda — sama seperti jemaat yang ditulis oleh rasul Paulus dalam 1 Korintus — segala yang Anda butuhkan untuk melayani dengan baik. “Aku senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus”
(1 Korintus 1: 4, 7).

Renungkan hal ini:
– Pernahkah Anda bertanya-tanya apa tujuan Anda? Menurut Anda, bagaimana peran karunia dan talenta Anda dalam melaksanakan tujuan Anda tersebut?
– Apa satu cara baru agar Anda dapat menggunakan bakat dan keterampilan Anda untuk membantu seseorang minggu ini?
– Seandainya Anda tahu Yesus akan kembali selama tiga hari, bagaimana Anda akan menghabiskan tiga hari itu? Bagaimana sudut pandang tersebut dapat mengubah cara Anda menghabiskan waktu setiap hari?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 33-35; Matius 10:1-20

Jangan menyia-nyiakan kemampuan yang diberikan Tuhan. Gunakan karunia Anda untuk melayani Tuhan dengan cara melayani orang lain!
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)