Karena Tuhan Berkata Demikian

Renungan Harian 21 Februari 2021 dengan Bacaan Hari ini:
Lukas 5: 4-5 “Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Simon menjawab, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

Bila Anda seorang pengikut Yesus, maka Dia mau Anda menaati apa pun yang Dia perintahkan– bahkan jika itu terlihat bodoh bagi orang lain, bahkan jika itu tidak masuk akal secara finansial, atau bahkan jika Anda tidak mengerti sama sekali dan sangat ketakutan.

Lukas 5: 4-5 berkata, “Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.” Simon menjawab, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.”

Yesus telah melangkah masuk ke atas perahu Simon Petrus, tetapi Dia tidak berhenti sampai di situ. Dia mulai memberikan instruksi kepada para nelayan profesional ini tentang cara memancing!

Perhatikan reaksi Petrus.
Dia tidak berdebat dengan Yesus. Dia tidak berkata, “Mohon maaf, Tuhan. Engkau seorang tukang kayu. Aku seorang nelayan. Ikan-ikan itu tidak akan menggigit umpan kita. Engkau bukan orang yang tepat untuk mengajarkanku cara menjala ikan.”

Petrus pun tidak ragu-ragu. Ketika Yesus menyuruhnya untuk berlayar, Dia tidak berkata, “Bagaimana jika kita membicarakannya sebentar? Ayo kita ambil suara terbanyak” atau “Kita kebasahan dan sudah sangat lelah, Tuhan. Bagaimana kalau kita coba lagi sore nanti?”

Apa yang Petrus lakukan? Dia merespons Yesus dengan ketaatan yang tidak perlu dipertanyakan lagi.

Saya tak tahu apa yang Tuhan perintahkan untuk Anda lakukan, tapi biarkan saya beritahu Anda satu hal: Ketidaktaatan akan selalu menyakiti Anda karena Anda akan melewatkan berkat Tuhan.

Namun, jika Anda adalah anak-anak yang merespons “karena Tuhan berkata demikian,” maka Anda akan mengalami berkat-Nya dalam hidup Anda. Instruksi-Nya tidak harus masuk akal buat Anda. Ketika Tuhan berkata demikian, Anda hanya perlu melakukannya dan percaya pada-Nya di dalam iman.

Renungkan hal ini:
– Siapakah dalam hidup Anda yang merupakan tipe orang “karena Tuhan berkata demikian?” Apa yang bisa Anda pelajari dari kehidupan orang itu?
– Kapan Anda melewatkan berkat Tuhan oleh karena ketidaktaatan?
– Kapan Anda pernah menaati Tuhan meski itu tidak masuk akal dan pada akhirnya mengalami berkat-Nya

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 1-3; Markus 3

Percayalah kepada Allah sebab Dia selalu peduli dan memperhatikan Anda, bahkan apabila Anda tidak bisa langsung melihatnya.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)