Jangan Khawatir, Percaya pada Tuhan!

Jangan Khawatir, Percaya pada Tuhan!

27 Juli 2022

Bacaan Hari ini:
Filipi 4:19 “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Anda bisa menjadi pahlawan di satu hari, dan menjadi pecundang di keesokan harinya, menjadi seorang jutawan di satu hari, dan bangkrut di hari berikutnya. Berapa pun uang yang Anda hasilkan, berapa pun uang yang Anda tabung, keuangan itu tidak menentu. Dan itu membuat Anda khawatir.

Lalu apa yang dikatakan Alkitab tentang kekhawatiran akan uang?
1. Kekhawatiran itu tidak masuk akal.
Matius 6:25 mengatakan, “Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?”
Anda akan memiliki ketakutan dalam hidup, tetapi Anda tak perlu takut kekurangan. Bahkan kebangkrutan sekali pun tidak boleh mengalahkan Anda. Hidup ini lebih dari sekedar akumulasi harta benda. Pikirkanlah apa yang benar-benar penting.

2. Kekhawatiran itu tidak lazim.
Yesus mengingatkan bahwa ciptaan Tuhan tidaklah perlu khawatir: “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”
(Matius 6:26).

3. Kekhawatiran itu tidak ada gunanya (Matius 6:30).
Ketakutan finansial berasal dari kesalahpahaman tentang Tuhan dan tentang janji-janji-Nya kepada Anda. Dia bertanggung jawab atas kebutuhan Anda. Yesus berkata, “Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal, namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu. Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?”
(Matius 6:28-30). Allah adalah Bapa Anda; Anda adalah anak-Nya; Dia akan menyediakan segala kebutuhan Anda.

Ketika Anda khawatir, itu artinya Anda sedang mencoba bermain-main menjadi Tuhan. Anda bertanggung jawab atas sesuatu yang telah Tuhan katakan akan Dia urus. Paulus berkata dalam Filipi 4:19, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Renungkan hal ini:
– Terkadang uang bisa terasa bagaikan hal terpenting dalam hidup. Namun apa hal-hal dalam hidup Anda yang sesungguhnya lebih penting daripada keuangan Anda?
– Bagaimana Anda menyeimbangkan rasa percaya Anda kepada Tuhan dengan menjadi manajer yang baik atas keuangan Anda?
– Apa janji-janji dalam Alkitab yang memberi Anda semangat ketika Anda mulai khawatir dengan uang?

Bacaan Alkitab Setahun :
Mazmur 43-45; Kisah Para Rasul 28:1-16

Tuhan tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup Anda—dan isi dompet Anda. Dia tahu segala kebutuhan Anda, bahkan sebelum Anda memintanya. Dan percayalah bahwa Dia akan menjaga Anda.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)