Iman Membantu Anda untuk Fokus pada Tujuan Anda

Iman Membantu Anda untuk Fokus pada Tujuan Anda

01 Januari 2022

Bacaan Hari ini:
Efesus 3:20 “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,”

Kita tahu bahwa menetapkan tujuan itu penting, sebab Akitab memberi tahu kita bahwa Yesus menetapkan tujuan-tujuan-Nya pula. Bahkan, Dia kerap kali mengumumkan secara terbuka tujuan-tujuan berikutnya dalam pelayanan-Nya.

Jadi, mengapa kita harus menetapkan tujuan?
Hari ini kita akan membicarakan tiga alasan, dan tiga alasan lainnya besok.

1. Tetapkan tujuan Anda karena itu adalah tanggung jawab rohani Anda.
Jika Anda tak punya tujuan atas hidup Anda, berarti Anda telah memutuskan untuk membiarkan orang lain mengatur hidup Anda. Jika Anda tidak terlebih dulu menetapkan apa saja yang penting, berarti Anda membiarkan orang lain mengaturnya. Pada akhirnya Anda menyia-nyiakan hidup Anda, karena Anda belum menjelaskan bagaimana Anda ingin bertumbuh sebagai pengikut Kristus.

“Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus. Dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu”
(Filipi 3:12, 14-15).

2. Tetapkan tujuan Anda karena itu adalah pernyataan iman Anda.
Jika Anda adalah orang percaya dan telah menetapkan tujuan, Anda seakan berkata, “Saya percaya bahwa Tuhan ingin saya mencapai ini saat ini. Inilah yang saya yakini apa yang Tuhan akan lakukan dalam hidup saya.”

3. Tujuan-tujuan itu bukan hanya pernyataan iman. Itu merentangkan iman Anda. Semakin besar tujuan Anda, semakin iman Anda akan direntangkan. Dan itu menyenangkan hati Tuhan.

Efesus 3:20 mengatakan, “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.”

Tetapkan tujuan Anda karena itu memfokuskan energi Anda. Fokus adalah kunci atas kehidupan yang efektif. Bila Anda mencurahkan energi Anda untuk banyak hal, maka dampak Anda akan berkurang. Tetapi sebaliknya, kehidupan yang terfokus memberikan dampak dan mengubah dunia.

Anda tak punya waktu untuk melakukan segalanya. Tetapi ini kabar baiknya: Tuhan tidak minta Anda melakukan segalanya! Rahasia untuk memiliki hidup yang berdampak sebagai pengikut Yesus ialah dengan melakukan apa yang paling penting dan melupakan yang lainnya.

Tujuan-tujuan membantu Anda untuk tetap fokus.

1 Korintus 9:26 mengatakan demikian: “Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.”

Renungkan hal ini:
– Bagaimana tujuan-tujuan Anda mencerminkan apa yang Anda yakini tentang Tuhan?
– Apakah keluarga Anda menetapkan tujuan bersama-sama? Mengapa penting untuk melakukan ini sebagai sebuah keluarga?
– Untuk hal apa saja Anda menghabiskan waktu dan energi Anda yang kelihatannya tidak terlalu penting?

Bacaan Alkitab Setahun :
Kejadian 1-3; Matius 1

Alkitab mengatakan bahwa, untuk menjadi dewasa secara rohani, Anda harus menetapkan tujuan Anda dan bergerak mewujudkan tujuan tersebut.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)