Iman adalah Percaya Walau Tak Melihat

Iman adalah Percaya Walau Tak Melihat

29 Mei 2022

Bacaan Hari ini:
Ibrani 11:1 “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Kehidupan yang telah Tuhan rancang untuk Anda jalani sebenarnya sangatlah sederhana; yaitu kehidupan yang menjalankan iman dan kasih.

Dalam Matius 22, Yesus mengajarkan tentang hukum kasih. Dikatakan: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”
(Matius 22:37, 39).

Ibrani 11 menjelaskan apa artinya menjalani kehidupan dengan iman: “Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia”
(Ibrani 11:6).

Jika Anda adalah orang tua, Anda tentu tahu betapa senangnya Anda ketika anak Anda percaya pada Anda. Sama halnya dengan Tuhan, rasa percaya Anda pada-Nya—iman Anda—menyenangkan hati-Nya.

Apa itu iman? Iman adalah percaya walau Anda tidak melihat.

Kebanyakan orang berkata, “Lihat dulu, baru percaya,” tapi Tuhan berkata sebaliknya: “Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” Ada beberapa hal yang tidak akan pernah Anda lihat kecuali Anda memercayainya terlebih dahulu.

Ibrani 11:1 mengatakan, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”

Setiap pencapaian besar dimulai ketika seseorang terlebih dahulu percaya bahwa mimpinya itu mungkin. Iman mengubah mimpi jadi nyata. Iman membuat imajinasi Anda terwujud. Tak akan terjadi apa pun sebelum Anda terlebih dahulu percaya jika itu mungkin.

Lebih dari 40 tahun yang lalu, saya berdiri di hadapan sekelompok kecil orang pada kebaktian pertama Gereja Saddleback. Saya berbagi tentang mimpi yang Allah berikan kepada saya akan sebuah gereja dengan tanah seluas 50 hektar—sebuah gereja yang akan melayani 20.000 orang setiap minggunya. Mereka tertawa mendengarnya. Terus terang, saya pun tertawa. Kita semua tahu betapa mahalnya harga tanah di Orange County. Itu terdengar mustahil.

Namun, Allah mampu.

Segala sesuatu yang telah Allah lakukan melalui Gereja Saddleback dalam empat dekade terakhir ini adalah mustahil apabila kami tidak beriman bahwa Dia dapat melakukan yang tidak mungkin.

Luangkan waktu hari ini untuk bertanya kepada Tuhan, “Apa yang Engkau mau aku lakukan?”
Ketika Anda datang ke hadirat-Nya dan berbicara dengan-Nya, maka menetapkan tujuan adalah tindakan iman Anda.

Renungkan hal ini:
– Apa satu hal yang dulu Anda pikir mustahil yang sekarang telah diwujudkan oleh Tuhan?
– Apa satu mimpi yang saat ini Anda lpercayakan pada Tuhan untuk berubah menjadi kenyataan?
– Apa ketakutan terbesar Anda dalam hal mimpi atau visi yang Tuhan beri buat hidup Anda?

Bacaan Alkitab Setahun :
2 Tawarikh 7 – 9 ; Yohanes 11 : 1 – 29

Bagaimana dengan Anda? Apa mimpi yang Anda punya hari ini yang memerlukan iman?
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)