Hak Istimewa Terbesar dalam Hidup

Hak Istimewa Terbesar dalam Hidup

05 Maret 2022

Bacaan Hari ini:
1 Petrus 1:3 “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan.”

Gereja bukanlah sebuah tempat yang dikunjungi, bukan juga sebuah acara yang dihadiri. Gereja adalah sebuah keluarga rohani di mana Anda adalah bagian di dalamnya—dan itu adalah yang paling penting di bumi ini.

Mengapa gereja begitu penting?
Sebab gereja ialah keluarga Allah. Bahkan, hak istimewa tertinggi dalam hidup ini adalah menjadi bagian dari keluarga Allah—di mana kita bisa berkata, “Aku adalah anggota keluarga Allah. Aku adalah anak Allah.”

Alkitab berkata, “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan”
(1 Petrus 1:3).

Ketika Anda lahir secara jasmani, maka Anda otomatis adalah bagian dari ras manusia. Akan tetapi, Anda punya pilihan untuk memilih keluarga rohani Anda. Ketika Anda memilih untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat Anda, maka Anda lahir secara rohani dan Anda menjadi anggota keluarga Allah.

Salah satu manfaat lahir ke dalam keluarga Allah terdapat dalam 1 Timotius 3:15: “Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.”

Jika Anda tinggal di daerah rawan gempa, maka Anda tahu betapa pentingnya memiliki fondasi bangunan yang kokoh. Demikian pula, ketika Anda mendapatkan topangan dari keluarga gereja, maka Anda tidak akan ambruk ketika gempa bumi kehidupan terjadi.

Segala sesuatu di bumi ini pada akhirnya akan hancur—kecuali gereja. Tidak ada bisnis, sekolah, pemerintah, atau negara yang akan berdiri selamanya. Hanya gereja yang bertahan selamanya karena gereja dibangun oleh Yesus dan karena Dia fokus membangun keluarga-Nya.

Yesus berkata dalam Matius 16:18, “Dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”

Renungkan hal ini:
– Dalam hal apa gereja hanya sebagai tempat yang Anda “kunjungi,” alih-alih sebagai tempat di mana Anda adalah bagian di dalamnya?
– Apakah Anda cenderung mendasarkan identitas Anda pada karir, teman-teman, harta kekayan, atau paham politik Anda—atau hal-hal lainnya—ketimbang pada kebenaran bahwa Anda adalah anak Allah?
– Bagaimana hal itu memotivasi Anda untuk berbagi iman Anda ketika Anda tahu bahwa segala sesuatu di bumi—kecuali gereja—pada akhirnya akan runtuh?

Bacaan Alkitab Setahun :
Bilangan 34-36; Markus 9:30-50

Di dunia yang penuh dengan ketidakpastian ini, pilihlah untuk membangun hidup Anda di atas satu-satunya dasar yang dijamin kekal selamanya; fondasi keluarga Allah yang kokoh.
(Diterjemahkan dari Daily Devotional by Rick Warren)