Gemass 9 November 2022

Rabu, 9 November 2022* 

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSreguler 2022* – FIRMAN UNTUK SEMUA 

_Tersedia dalam apps GKI Layur_

http://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ—“ *Hari 297*

*Bagian 15 : UMAT KERAJAAN ALLAH*

*Bacaan hari ini* : Roma 9-10

*Ungkapan doa* : Mazmur 137 

~~~~~~~~~~~~~~~

 

*ALKITAB SUARA*

🎧 GEMASS – Hari 297

https://drive.google.com/folderview?id=1n0llw9V_-shIWzZRwOpgRFnx9EhZwt9G

 

🌟 *Roma 9:19-20* (TB) 

_Sekarang kamu akan berkata kepadaku: “Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya?” Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: “Mengapakah engkau membentuk aku demikian?”_

 

πŸ’‘ Tidak ada yang lebih besar dari kehendak TUHAN. Dan kita juga meyakini bahwa kehendak TUHAN itulah yang terbaik bagi umat pilihan-Nya. Oleh karena itu panggilan hidup seorang murid Kristus ialah hidup menurut kehendak-Nya.

 

πŸ™ *Doa:*

Bapa, aku mau belajar taat. Karena Engkaulah penjunan, dan aku tanah liat. Bentuklah aku seturut dengan kehendak-Mu.

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok* : Roma 11-12

*Ungkapan doa* : Mazmur 138

Rabu, 9 November 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

πŸ“– *GEMASSplus SH KITAB – 2022*

Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi *INJIL YOHANES* 

 

Bacaan hari ini : *Yohanes 17:1-5*

Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa

~~~~~~~~~~~~~~~

 

*_SUMBER HIDUP KEKAL_* 

 

  Setelah meyakinkan para murid tentang jati diri-Nya,hubungan-Nya dengan Bapa, dan misi-Nya, Yesus kini sebagai imam merangkumkan semua itu dalam doa. Syafaat bagi para murid-Nya ini bertujuan mempertegas hubungan-Nya yang tiada tara dengan Bapa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi fakta salib serta meneruskan misi Yesus yang dibebankan-Nya di pundak mereka. Inti syafaat Yesus adalah agar para murid dan semua pengikut Yesus dijaga dan dipelihara oleh Bapa dari dunia yang jahat, serta dipersatukan dengan Bapa, Sang Pemilik segala sesuatu, dalam persekutuan kudus yang mempermuliakan-Nya.

 

  Doa syafaat Yesus dalam pasal 17 ini terdiri dari tiga bagian: ayat 1-5; ayat 6-13; dan ayat 14-26. Perikop hari ini (1-5) adalah permohonan Yesus agar Bapa menerima segala karya Yesus yang telah dikerjakan-Nya seturut rencana dan kehendak Bapa (1). Karya Yesus sesuai dengan pemberian kuasa dari Allah kepada-Nya, adalah memberikan hidup kekal kepada setiap orang yang ditetapkan Bapa untuk menerimanya (2). Hidup kekal itu adalah pengenalan sejati terhadap Bapa, Sang Sumber Kehidupan, dan menyambut Yesus yang melalui-Nya rencana Allah terwujud (3). Dengan menyelesaikan semua pekerjaan yang dipercayakan Bapa kepada-Nya, Yesus telah mempermuliakan Bapa (4). Sebagai tanda bahwa Bapa berkenan akan pekerjaan Yesus dan Ia telah menyelesaikan misi-Nya secara sempurna dan tuntas maka Yesus memohon agar Bapa memuliakan Dia (1, 5).

 

  Doa Yesus berbeda dengan doa kita dalam hal sifat hubungan dan isi doa kepada Allah. Doa Yesus sepenuhnya memaparkan hubungan intim Anak dan Bapa, satu dalam kehendak, misi, dan kuasa karena satu hakikat. Karena itu hidup kekal identik dengan atau akibat dari mengenal Kristus, yaitu mengenal Allah.

 

  _Renungkan: Tidak ada keselamatan tanpa bersumber dari dan berlanjut terus pada mengenal Yesus dan Bapa makin intim._

 

Sumber : _Santapan Harian Gemass edisi Injil Yohanes_

https://www.su-indonesia.org 

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok* : Yohanes 17:6-13 – _Pemeliharaan Bapa_

πŸ“– *GEMASSplus LEKSIONARI*

Tahun C

Minggu Biasa-21

*Rabu, 9 November 2022*

~~~~~~~~~~~~~~~

DIA ALLAH YANG HIDUP

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan hari ini:*

Mazmur 123

Ayub 25:1-26:14

Yohanes 5:19-29

 

_Tersedia dalam apps GKI Layur_

Https://bit.ly/GKILayurApps

~~~~~~~~~~~~~~~

Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 6 November 2022.

 

*Mazmur 123*

Menghadapi persoalan hidup seringkali manusia berputus asa dan hilang arah. Itulah sebabnya manusia membutuhkan kuasa yang lebih besar untuk menopang dan menguatkannya dari segala badai yang dihadapi. Hanya Tuhan Allah yang dapat diandalkan. Dia berkuasa besar, sekaligus memiliki kasih kepada manusia yang mau bersandar kepadaNya. Berharaplah hanya kepada anugerah Tuhan! 

 

🎢 Mazmur 123 https://www.juswantori.com/Mazmur/123/

 

*Ayub 25:1-26:14*

Jika bukan karena kasih setia dan anugerahTuhan yang seluas langit sedalam samudera, mungkin manusia sudah binasa ketika berbuat dosa walau sederhana dan hanya sekali. Namun bukan berarti Tuhan membiarkan manusia berbuat semaunya dalam dosa, justru Tuhan menantikan pertobatan sejati yang murni lahir dari hati manusia. Manusia memiliki kehendak bebas untuk memilih : memelihara dosa atau sungguh-sungguh bertobat dan meninggalkan dosa. Di dunia ini tidak ada yang berharga selain jiwa manusia yang bersih (tidak melawan Allah) yang dirindukanNya. Sekalipun bintang indah bersinar, lebih cemerlang jiwa manusia yang mengasihiNya.

 

*Yohanes 5:19-29*

Allah mengutus Yesus, sehingga Yesus merupakan bagian dari Allah dan karena Yesus merupakan bagian dari Allah (Yoh. 10:30; Yoh. 17:21) sebagai Allah Tritunggal. Ketaatan hidup kita kepada Yesus merupakan ketaatan kepada Allah Bapa dan Roh Kudus, begitu pula keberdosaan kita kepada Yesus merupakan keberdosaan kepada Allah Bapa dan Roh Kudus, walaupun Alkitab menguraikan peran mereka bagi kehidupan orang percaya. Mereka adalah satu yang memimpin hidup kita.

 

Renungan pelengkap:

https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

 

https://youtu.be/tv0I5a2-BZs

~~~~~~~~~~~~~~~

*Bacaan besok:*

Mazmur 98

1Samuel 28:3-19

Roma 1:18-25