Gemass 8 Juni 2022

Rabu, 8 Juni 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 143
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Ayub 12-15
Ungkapan doa : Mazmur 138
~~~~~

ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 143
https://drive.google.com/folderview?id=12qhSzy-ZBTF6MxMon1J55ciUoI9O2k_5

๐ŸŒŸ Ayub 12:12-13 (TB)
Konon hikmat ada pada orang yang tua, dan pengertian pada orang yang lanjut umurnya. Tetapi pada Allahlah hikmat dan kekuatan, Dialah yang mempunyai pertimbangan dan pengertian.

๐Ÿ’ก Ayub mengingatkan sahabat-sahabatnya, bahwa hikmat itu bukan secara otomatis muncul karena usia, melainkan ketika kita mengakui keberadaan TUHAN dan menjalin relasi dengan Sang Sumber hikmat dan kekuatan.

๐Ÿ™ Doa:
TUHAN, bukan karena pengalamankulah hikmat itu datang, melainkan Engkaulah sumber hikmat yang sejati. Aku mau memelihara relasi dengan-Mu, ya Sumber rakhmat.
~~~~~
Bacaan besok : Ayub 16-19
Ungkapan doa : Mazmur 139

๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 14:1-20
Doa => Baca => Renungkan =>
Bandingkan => Doa
~~~~~

KECEROBOHAN DAN KESOMBONGAN

Apakah musuh terganas yang mengintai seseorang di balik keberhasilannya? Jawabnya adalah kecerobohan dan kesombongan.

Takhta kerajaan Yehuda yang Allah berikan kepada Amazia di usianya yang ke-25 sungguh merupakan anugerah yang mulia. Apalagi Alkitab mencatat bahwa ia melakukan apa yang benar di mata Allah (1-3). Oleh karena itu, Allah memberinya kemenangan melawan Edom serta menghadiahkan kota Sela sehingga kegembiraan Yehuda menjadi lengkap (7). Ketegasannya untuk menyingkirkan pegawai-pegawai yang telah membunuh ayahnya patut diacungi jempol, apalagi hal ini dilakukan setelah kerajaannya kokoh. Kebijakan ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya pemberontakan (5-6). Sayangnya, dia tidak sekaligus menjauhkan bukit-bukit pengurbanan, sehingga bangsa Yehuda tetap mempersembahkan dan membakar kurban di bukit-bukit pengurbanan (4).

Namun, siapa yang dapat menduga kesuksesan yang Allah berikan ini justru membuat Amazia tergelincir dalam kecerobohan dan kesombongan. Kesalahan kedua yang dilakukan oleh Amazia adalah mengirim tantangan kepada kerajaan Israel. Apa gunanya mengadu kekuatan? Sesuatu yang sebenarnya tidak boleh terjadi antar saudara kandung (8). Peringatan Tuhan melalui jawaban Yoas itu sama sekali tak dapat meredakan kesombongannya (9-11). Akhirnya bukan hanya Amazia yang harus membayar kekalahan ini, namun juga Yerusalem dengan Bait Allah serta seluruh Yehuda (12-14).

Kecerobohan dan kesombongan selalu menyebabkan umat Allah menderita. Keduanya bagaikan pintu terbuka yang di baliknya telah menunggu suatu petaka. Cara untuk menghindarinya ialah dengan mempertajam kepekaan mendengar firmanNya bagi hidup kita.

Renungkan: Firman-Nya adalah pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku (Mzm 119:105).

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

โ–ถ Video Pelengkap Bacaan:
Jatuh karena Merasa Kuat (2 Raja-Raja 14) | Petrus Kwik | Bible Every Day

~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 14:21-29 โ€“ Tuhan Menjawab Doa Umat-Nya
 ๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Pentakosta
Rabu, 8 Juni 2022
~~~~~
ROH KEBENARAN, ROH PEMERSATU
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 48
Bilangan 24:1-14
Lukas 1:26-38

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 5 Juni 2022.

Mazmur 48
โ€œInilah Allah, Allah kitaโ€, dengan mengakuiNya maka kita meyakini hanya Allahlah yang akan memimpin seluruh kehidupan kita. Jika Allah pilihan bagi iman kita, maka Dia akan membimbing kehidupan kita bahkan menuju kepada kehidupan kekal.

๐ŸŽถ https://www.juswantori.com/Mazmur/48/

Bilangan 24:1-14 Siapakah yang mampu memberi berkat namun juga sekaligus kutuk dengan beralaskan hikmat ? Kuasa lain mungkin memberi itu semua berdasarkan kepentingan-kepentingan. Namun hanyalah Allah Israel yang memiliki hikmat kasih, memberi berkat kepada semua orang tanpa terkecuali dan memberi kutuk hanya kepada orang-orang yang melawanNya! Bahkan begitu besar kasih Allah kepada orang-orang yang mengasihiNya, maka Dia menilai apa yang diperbuat dunia terhadap orang-orang yang dikasihiNya itu, baik atau buruk, sama seperti yang diperbuat dunia terhadap diriNya sendiri. Sehingga diberkatiNyalah orang yang memberkati Anda dan terkutuklah orang yang mengutuk Anda. Namun ingat, bukan hak kita menilai dan melakukan kedua hal itu, hanya hak Allah sendiri. Karena hikmat kasih Allah jauh lebih sempurna daripada manusia!

Lukas 1:26-38
Maria meyakini jika ia beriman kepada Allah Israel, maka tidak akan sia-sia walau keadaan akan menjadi sulit dan berat dijalani. Dengan ketulusan ia berkata,โ€Ya Bapa, bila Kau pandang itu baikโ€, Allah tidak akan meninggalkannya karena ia taat beriman. Maria beroleh kasih karunia karena ia menjadi orang pilihan Allah. Apakah Anda menjadi orang yang dipilih Allah untuk menjalani misi tertentu atau menjadi bagian dalam rencanaNya di dunia? Janganlah takut karena atas kasih karunia, Allah akan menyertai ketaatan Anda yang dengan tulus meyakiniNya.

Renungan pelengkap:
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 8
Amsal 3:13-18
Efesus 1:17-19