Gemass 8 Juni 2021

πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
πŸ—“ Hari 142
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Ayub 8-11
Ungkapan doa : Mazmur 137
~~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 142
https://drive.google.com/folderview?id=12q279HZ4DulBG6dgmhipai4y131C1Wgg

🌟 Ayub 9:4 (TB)
Allah itu bijak dan kuat, siapakah dapat berkeras melawan Dia, dan tetap selamat?

πŸ’‘Kuasa penuh dalam hidup kita hanya ada dalam Allah kita yang kita sembah tidak ada di tempat lain.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan yang Maha Kuasa, ingatkan aku selalu kehidupanku hanya ada di dalam tangan-Mu saja. Amin.
~~~~~~
Bacaan besok : Ayub 12-15
Ungkapan doa : Mazmur 138
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB YOSUA

Bacaan hari ini : Yosua 4:1-24
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~~

MEMORI UMAT ALLAH

Salah satu keunikan manusia sebagai gambar-rupa Allah adalah kemampuannya mengingat masa lalu dan mengantisipasi masa depan. Sering kali yang terjadi adalah kita melupakan perbuatan Allah di masa lalu. Kita cenderung mengingat semua hal buruk yang membuat kita bersungut-sungut dan pesimis menghadapi masa depan.

Perintah Tuhan (2-9) agar setiap suku mengambil batu dari tengah-tengah sungai Yordan dan mendirikan monumen di pantai barat sungai itu memiliki beberapa makna. Pertama, agar mereka tidak melupakan karya Allah ini sebagaimana orang tua mereka dulu melupakan kebaikan Allah. Tanda-tanda kasat mata dalam Perjanjian Lama sering dijadikan sarana untuk menumbuhkan hubungan dengan-Nya.

Kedua, agar karya Allah ini kelak dapat diingat pula oleh anak cucu mereka yang akan menetap dan menikmati pemeliharaan Allah di Tanah Perjanjian (6-7, 21-23). Melalui monumen ini, perbuatan dan rencana besar Allah dapat terus dikisahkan. Bercerita adalah cara untuk menumbuh kembangkan karya-Nya dalam umat. Ketiga, agar karya Allah membuat takut semua bangsa yang telah menyaksikan perbuatan-Nya yang dahsyat dalam memimpin umat-Nya ke Tanah Perjanjian (24).

Renungkan: Sama seperti Israel, gereja pun ada dalam bahaya lupa akan anugerah Allah. Karena itu, Kristus memberikan perintah kepada umat-Nya untuk merayakan Perjamuan Kudus secara berkala dalam rangka mengingatkan kita akan karya Salib Kristus. Selain itu, baptisan Kudus juga merupakan pengakuan iman orang percaya akan karya Kristus yang teraplikasi pada dirinya. Keluarga juga memiliki peran penting mendidik anak-anak dalam iman. Seni bercerita isi Alkitab dan pengalaman rohani Kristen keluarga hendaknya kita kembangkan, agar Allah dan perbuatan-perbuatan-Nya menjadi pusat di tengah keluarga kita.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab Yosua
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : Yosua 5:1-12 – Memelihara Tanda Keumatan

πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun B
Minggu Biasa 1
Selasa, 8 Juni 2021
~~~~~~
KITA ADALAH SAUDARA

Bacaan hari ini:
Mazmur 74
1 Raja-raja 18:17-40
Wahyu 20:7-15
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 6 Juni 2021.

Mazmur 74
Pemazmur seolah mengingatkan Tuhan agar bertindak dengan cara β€œmemanas-manasi.” Ia memaparkan apa yang telah dilakukan oleh musuh umat di tempat kudus Tuhan yang mengakibatkan segala kerusakan dan kekacauan. Ia juga mengingatkan Tuhan bahwa Tuhanlah yang menebus umat-Nya. Pemazmur juga membesarkan dan meninggikan Tuhan dengan menyebutkan apa yang telah diperbuat Tuhan untuk umat-Nya.

1 Raja-raja 18:17-40
Elia berani menantang nabi Baal bukan untuk menunjukkan diri hebat melainkan karena tidak rela Tuhan ditinggalkan umat-Nya dan supaya Tuhan dimuliakan. Elia pun juga sedih karena umat yang bebal dan tegar tengkuk memilih menyembah berhala. Mari berefleksi: apakah hati kita selalu terpaut pada Tuhan dan kehendak-Nya?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat

Wahyu 20:7-15
Kejahatan Setan dan para pengikutnya boleh saja makin menjadi, namun murka Allah dan keadilan Allah atas mereka juga tidak kalah hebatnya. Karena itu marilah tetap teguh setia dan berdiri di atas kebenaran yang kita tunjukkan dalam perbuatan-perbuatan kita supaya kita tidak mengalami kematian kekal melainkan hidup kekal bersama Allah.
~~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 74
Yesaya 26:16-27:1
Lukas 11:14-28