Gemass 8 Januari 2022

Sabtu, 8 Januari 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2021 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 356
Bagian 16 : WAHYU
Bacaan hari ini: Wahyu 17-18
Ungkapan doa : Mazmur 46
~~~~~
2 hari lagi kita menyelesaikan membaca seluruh Alkitab. Ayo, semangat!!!

Semakin bersemangat baca Alkitabnya! Semakin semangat mengajak banyak orang untuk ikut GEMASS 2022 yang akan dimulai pada 17 Januari 2022

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 356
https://drive.google.com/folderview?id=1Zpdo3T6oLrcXiTqtViK0dRnlMO_v3D0F

🌟 Wahyu 17:14 (TB)
Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.”

πŸ’‘ Kristus Anak Domba Allah akan mengalahkan antikristus dan mereka yang bersekutu dengannya pada peperangan yang terakhir. Sejahat dan sekejam apa pun kuasa si jahat, Allah tidak lepas kendali. Kejahatan si iblis dapat dipakai Allah untuk menggenapkan apa yang di rencanakan-Nya tentang keadilan bagi orang yang benar dan setia, kehancuran kuasa si iblis dan penghukuman bagi bangsa- bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa Allah berkuasa dan berdaulat atas sejarah manusia.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan, rangkullah aku dalam genggaman-Mu. Biarlah aku tetap berjalan di dalam kebenaran dan kesetiaan bersama-Mu sampai akhir hayatku. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Wahyu 19-20
Ungkapan doa : Mazmur 47
SUKU KIKIM
Lokasi : Sumatera Selatan
Populasi : 92.000

Doakan :
. Kebutuhan sistem irigasi yang baik untuk peningkatan hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan penghasilan mereka.
. Kebutuhan perbaikan pendidikan terutama gedung sekolah yang buruk kondisinya dan kekurangan guru.
. Banyak anak-anak yang menderita gizi buruk.
https://joshuaproject.net/people_groups/12680/ID
Sabtu, 8 Januari 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2021
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi SURAT 1,2 KORINTUS

Bacaan hari ini : 2 Korintus 11: 21b-33
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

PENGUMUMAN

GEMASSplus SH KITAB 2021 sudah akan selesai.
Pada tanggal 14 Januari 2022 kita akan memulai GEMASSplus SH KITAB tahun ke 3.
Yuk, ajak kerabat untuk ikut bergabung…
_______

BERMEGAH KARENA KRISTUS

Apakah Anda pernah menilai kualitas hamba Tuhan dari kerapiannya dalam berpakaian, banyaknya gelar yang diperoleh atau kecakapan berbicaranya? Sebagai jemaat, kita sering terjebak menilai seorang pengkotbah dari penampilan luar, bukan dari kedalaman iman, keteladanan atau kualitas khotbah yang dia sampaikan. Para hamba Tuhan sering tergoda dengan banyaknya orang yang mengagumi dirinya, atau dari dahsyatnya pengalaman ajaib yang pernah dialami, dan banyak ukuran lahiriah lainnya.
 
Hal demikian bukan baru sekarang terjadi. Itu sudah terjadi juga pada para hamba Tuhan yang ada di tengah jemaat Korintus. Jemaat ini memiliki pandangan yang keliru, bahkan terkesan sangsi akan kualitas kerasulan Paulus. Namun hal ini tidak terlalu dirisaukan oleh Paulus. Ia memberikan tanggapan yang bersifat paradoks dengan menyatakan, “Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku” (30). Sebetulnya bisa saja Paulus membanggakan garis keturunannya, pengalaman pertobatan (Kis. 22:6-15), atau latar belakang teologisnya (22).
 
Setidaknya ada enam kelemahan yang menjadi kemegahan rasul Paulus, yakni penganiayaan fisik seperti didera, disesah (24, 25); bahaya dalam perjalanan seperti banjir, karam laut, perampok dan perompak (26); kelelahan fisik karena kerja berat sehingga sering tidak tidur (27); minimnya akomodasi karena sering kelaparan, tanpa pakaian, kedinginan bahkan harus berpuasa (27). Belum lagi penderitaan dalam mengabarkan Injil dimana ia sering dikejar-kejar untuk ditangkap, bahkan dipenjara (23, 32). Penderitaan karena penggembalaan, ketika orang yang pernah dilayani kemudian dia dapati tersandung (29). Paulus memaknai semua itu sebagai kelemahan yang membuat dirinya semakin dikuatkan dalam Kristus (30).
 
Dalam hal apakah kita memegahkan diri? Gaya berpakaian, atau kefasihan bicara? Hendaknya kita bermegah dalam penderitaan demi pelayanan Injil dan kesetiaan mengikuti teladan Kristus.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Surat 1,2 Korintus
https://www.su-indonesia.org
~~~~~~
Bacaan besok : 2 Korintus 12: 1-13 – Kekuatan dalam Kelemahan
 πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Epifani
Sabtu, 8 Januari 2022
~~~~~~~
YESUS DIBAPTIS
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 72
Pengkhotbah 3:1-15
1 Korintus 2:11-16    

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 9 Januari 2022.

Mazmur 72
Doa harapan untuk raja ini oleh penulis Perjanjian Baru disampaikan penggenapannya di dalam Yesus yang adalah Mesias, Sang Raja kekal (Luk. 1:33, Why 11:15) yang menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.
Yesus, Sang Raja yang mengajarkan arti bahagia yang sesungguhnya (Mat. 5:3-12). Yang selalu berbelas kasihan dan memperhatikan kehidupan orang miskin dan yang tertindas. Yang kelak setiap lutut akan bertelut di bawah pemerintahan-Nya.
Mari nyatakan syukur kita sebagai orang  yang percaya kepada Sang Raja, dengan setia mendoakan pemimpin negara agar melakukan kehendak-Nya. Juga marilah kita terus berelasi semakin intim dengan Sang Raja, sehingga melalui kita Dia juga bisa menyatakan kehendak-Nya bagi dunia.

▢️ Mazmur 72 – Natalie Purba https://youtu.be/kkH8zegi0QQ

Pengkhotbah 3:1-15
Kehidupan yang kita jalani tidak selamanya berada pada keadaan yang baik. Seperti yang disampaikan dalam Pengkhotbah, segala sesuatu ada waktunya. Dan segala sesuatu yang ada di bumi akan terjadi tepat pada waktunya. Hanya dengan terus mengarahkan hati kepada Allah dan meyakini bahwa Dialah yang mengendalikan dunia, kita akan melihat bahwa Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Allah melakukan itu supaya orang menghormati – Nya.

1 Korintus 2:11’16
Tidak ada orang yang mengetahui apa yang dipikirkan orang lain, atau seperti apa pribadi orang tersebut sebenarnya, kecuali orang itu sendiri. Begitu juga tidak seorang pun dapat mengetahui pikiran Allah, kecuali Roh Allah sendiri.
Dan syukur kepada Allah, karena Ia telah benar – benar memberikan Roh – Nya kepada kita, dan Roh Kudus yang ada di dalam diri kita itulah yang mengajarkan kita sehingga sebagai orang Kristen kita benar – benar memiliki sebagian pikiran dan kehendak Kristus.
Orang yang di luar Kristus tidak dapat memahami dan menerima pikiran Allah yang diajarkan oleh Roh Kudus kepada kita. Bagi mereka pikiran itu kedengaran bodoh, merisaukan dan mengherankan mereka.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat
~~~~~~
Bacaan besok:
Yesaya 43:1-7
Mazmur 29
Kisah Para Rasul 8:14-17
Lukas 3:15-17, 21-22