Gemass 7 Mei 2022

Sabtu, 7 Mei 2022
~~~~~
📖 GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 1 Raja-Raja 16:15-34
Doa ⇒ Baca ⇒ Renungkan ⇒ Bandingkan ⇒ Doa
~~~~~

KEJAHATAN SEMAKIN MENJADI-JADI

Walaupun kita menemukan stereotip (pengulangan yang khas) di dalam sejarah kerajaan Israel, kenyataannya sejarah bisa lebih kompleks daripada itu. Kalau beberapa raja yang kita pelajari beberapa hari lalu menunjukkan perilaku yang sama, maka raja-raja berikut berbeda.

Zimri yang mengudeta Ela, ternyata hanya mampu bertakhta tujuh hari, sebab ia dikudeta pula oleh Omri. Catatan Alkitab dari 1 Raja-raja terhadap Zimri ternyata sama dengan komentarnya terhadap raja-raja sebelumnya (19). Hal ini cukup aneh. Zimri hanya memerintah tujuh hari. Apa yang bisa diperbuat Zimri sebagai raja untuk membawa seluruh Israel berdosa? Mungkin sekali, tidak ada perbuatan dosa yang baru. Yang ada hanyalah perbuatan meneruskan dosa dan penyembahan berhala yang dilakukan oleh raja yang ia kudeta. Seseorang bisa disebut berdosa dan membuat orang lain berdosa bukan saja karena ia memperkenalkan dosa yang baru, tetapi dengan mengizinkan dan meneruskan dosa-dosa yang lama. Seringkali situasi dijadikan alasan untuk membiarkan dosa. Jelas hal itu tidak benar dan jahat di mata Tuhan.

Catatan Alkitab terhadap perbuatan Omri melebihi komentar serupa terhadap perbuatan raja-raja sebelumnya, yakni ditambahkan dengan “Ia melakukan kejahatan lebih daripada segala orang yang mendahuluinya” (25). Catatan Alkitab terhadap Ahab, putra Omri ternyata sama (30). Bahkan daftar dosa Ahab ditambahkan dengan memasukkan penyembahan terhadap dewa Baal dan dewi Asyera.

Renungkan: Sikap membiarkan dosa harus dilihat sama jahatnya dengan perbuatan dosa aktif. Sebab melaluinya dosa dibiarkan merajalela dan berkembangbiak. Kedua perbuatan ini sama jahatnya di hadapan Allah. Untuk lepas dari jerat dosa ini, kita harus meninggalkan dosa tersebut dan berhenti melakukannya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org

▶ Video Pelengkap Bacaan:
Perlindungan bagi Orang Beriman (1 Raja-Raja 16) – Petrus Kwik | Bible Every Day
https://youtu.be/rdLpFN28mYU
~~~~~
Bacaan besok : 1 Raja-Raja 17:1-24 – Pengkhianatan dan Ketaatan

📖 GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Paskah IV
Sabtu, 7 Mei 2022
~~~~~
EVERLASTING LIFE
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 23
Yehezkiel 28:25-26
Lukas 12:29-32

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 8 Mei 2022.

Mazmur 23
Kita belajar dari pemazmur untuk menghayati relasi kita dengan Tuhan seperti domba dengan gembalanya. Sebagai gembala yang baik, Tuhan mengetahui apa yang kita butuhkan, bahkan keinginan kita. Tuhan tahu yang terbaik bagi kita dalam setiap perjalanan hidup kita dan seringkali memberikan kepada kita jauh melebihi yang bisa kita lakukan dan pikirkan.

▶️ Mazmur 23 – Victoria Rose Liando https://youtu.be/VmzMpwWaSs4

Yehezkiel 28:25-26
Melalui Yehezkiel, Tuhan memberikan janji pemulihan yang sempurna bagi umat yang sedang mengalami pembuangan. Mereka pasti akan dibawa kembali ke Israel karena Tuhan tidak bisa tidak menepati janji-Nya. Ditekankan bahwa mereka akan diam dengan aman dan tenteram dan Tuhan akan menghukum bangsa yang telah menindas mereka. Tuhan melakukan itu semua supaya kemuliaan-Nya tidak dihinakan. Mari kita pegang terus janji Tuhan.

Lukas 12:29-32
Perikop ini mengingatkan kita untuk berfokus pada Kerajaan Allah. Tuhan tahu bahwa kita masih hidup di dalam dunia dan memerlukan berbagai kebutuhan. Tuhan pasti memelihara dan memenuhi bahkan semuanya akan ditambahkan oleh-Nya. Rugi jikalau hidup kita dipenuhi oleh kecemasan dan ketakutan akan hal-hal yang sementara. Mari kita berfokus dan mengejar hal – hal yang bersifat kekal dan yang memperkenankan hati Tuhan.

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok;
Kisah Para Rasul 9:36-43
Mazmur 23
Wahyu 7:9-17
Yohanes 10:22-30