Gemass 7 Juni 2022

 Selasa, 7 Juni 2022
~~~~~~
πŸ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
πŸ—“ Hari 142
Bagian 9 : HIKMAT BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: Ayub 8-11
Ungkapan doa : Mazmur 137
~~~~~

ALKITAB SUARA
🎧 GEMASS – Hari 142
https://drive.google.com/folderview?id=12q279HZ4DulBG6dgmhipai4y131C1Wgg

🌟 Ayub 9:4 (TB)
Allah itu bijak dan kuat, siapakah dapat berkeras melawan Dia, dan tetap selamat?

πŸ’‘Kuasa penuh dalam hidup kita hanya ada dalam Allah kita yang kita sembah tidak ada di tempat lain.

πŸ™ Doa:
Ya Tuhan yang Maha Kuasa, ingatkan aku selalu kehidupanku hanya ada di dalam tangan-Mu saja. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : Ayub 12-15
Ungkapan doa : Mazmur 138
 Selasa, 7 Juni 2022
~~~~~
πŸ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi – Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1-2 RAJA-RAJA

Bacaan hari ini : 2 Raja-Raja 13:14-25
Doa β‡’ Baca β‡’ Renungkan β‡’ Bandingkan β‡’ Doa
~~~~~

PERJALANAN HIDUP YANG TIDAK SIA-SIA

Membaca biografi seorang pendeta yang dipakai Tuhan semasa hidupnya pasti menimbulkan sukacita. Melihat perbuatan Tuhan yang menyertai hidupnya akan membuat kita mendapatkan penghiburan rohani.

Bagian ini istimewa sebab mengisahkan akhir hidup Elisa yang terkesan β€œdiselipkan” di antara cerita para raja-raja Yehuda dan Israel (lih. 2 Raj. 2:1-18). Elisa dikenal di Israel sebab ia sering menubuatkan jalannya politik negara Israel (lih. 2 Raj. 3; 5; 6:8-7:19; 8:7-15). Di sini pun , Elisa tetap menubuatkan tindakan Allah yang menolong raja Yoas dari penindasan raja Aram (2 Raj. 13:15-18).

Di akhir hidupnya, Elisa tidak menolak kedatangan Yoas meski ia tahu Yoas tidak takut pada Tuhan. Ia justru bernubuat sebab ia berharap agar dengan jalan ini Yoas berpaling pada Allah. Itu sebabnya, tindakan Yoas yang melakukan petunjuk Elisa dengan setengah hati membuatnya gusar (19,22,24-25). Kehidupan, integritas, kesetiaan, dan pelayanan Elisa kepada Allah Israel tak berubah sampai akhir hidupnya. Elisa mengakhiri hidupnya dengan baik dan benar sampai-sampai kuasa Allah tetap dinyatakan setelah kematiannya (20-21). Seumur hidupnya nabi Elisa tetap melayani Israel sebab ia tahu Allah mengasihi mereka (23). Sayang sekali, sampai Elisa meninggal pun raja Yoas tak kunjung berpaling kepada Allah Israel.

Melayani mereka yang tersesat tidak selalu memberikan hasil seperti yang kita harapkan, yaitu melihat pertobatan mereka. Apakah hal ini berarti para hamba Tuhan tidak usah melayani umat-Nya lagi? Apakah berarti kita tidak perlu lagi menjaga integritas diri sesuai dengan firmanNya? Jawabnya tidak! Sebab upah kita bukan dari manusia, melainkan dari Allah yang melihat semua jerih payah kita.

Renungkan: Pertahankanlah panggilan Allah untuk melayaniNya. Akhirilah perjuangan pelayanan dengan hati yang tetap tertuju pada-Nya.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Raja-raja
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok: 2 Raja-Raja 14:1-20 – Kecerobohan dan Kesombongan
πŸ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Pentakosta
Selasa, 7 Juni 2022
~~~~~
ROH KEBENARAN, ROH PEMERSATU
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 48
Yehezkiel 11:14-25
1Korintus 2:12-16

Tersedia dalam apps GKI Layur
Https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu, 5 Juni 2022.

Mazmur 48
Mazmur ini hendak menggambarkan kebesaran dan perlindungan TUHAN yang nyata di Yerusalem dan Gunung Sion. Mereka yang melawan Allah akan dipenuhi dengan kegentaran dan kehancuran. Mereka yang menyembah TUHAN akan menikmati kebesaran dan perlindunganNya. Kebesaran dan perlindungan TUHAN ini diperdengarkan dari generasi ke generasi. Mari wartakan kebesaran dan perlindungan TUHAN supaya kota di mana kita hidup juga merasakan dan mengalamiNya.

🎢 https://www.juswantori.com/Mazmur/48/

Yehezkiel 11:14-25
Yehezkiel mendapat pesan dari Tuhan yang harus disampaikan kepada umat yang sedang dalam pembuangan. Tuhan tetap memperhatikan dan mengasihi mereka dengan janji bahwa mereka akan dipulihkan dan di bawa kembali ke tanah perjanjian asalkan mereka bertobat. Yang tetap berkeras hati akan menerima hukuman yang setimpal. Yang bertobat akan diberikan hati yang baru, yang dalam PB ini terpenuhi dengan turunnya Roh Kudus. Mari hidup di bawah pimpinan Roh Kudus supaya Kristus menjadi nyata dalam hidup kita hari lepas hari.

1 Korintus 2:12-16
Mereka yang terpaut pada Allah akan mengenal Allah, kehendak dan pikiranNya. Semua itu dimungkinkan karena Roh Kudus yang diam dalam hati orang percaya. Mereka yang memiliki Roh Kudus akan diubahkan hidupnya sehingga makin serupa dengan Kristus. Mereka yang tidak memiliki Roh Kudus akan mengikuti cara hidup dan cara pandang duniawi yang menjauhi Allah dan tidak bisa menghargai hikmat Allah. Mari ikuti terus pimpinan Roh Kudus di dalam hidup kita agar dunia mengenal hikmat Allah.

Renungan pelengkap:


~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 48
Bilangan 24:1-14
Lukas 1:26-38