Gemass 7 April 2022

Kamis, 7 April 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSreguler 2022 – FIRMAN UNTUK SEMUA
Tersedia dalam apps GKI Layur
http://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
๐Ÿ—“ Hari 81
Bagian 7 : KEBANGKITAN DAN KEJATUHAN BANGSA ISRAEL
Bacaan hari ini: 1 Samuel 13-14
Ungkapan doa : Mazmur 81
~~~~~
ALKITAB SUARA
๐ŸŽง GEMASS – Hari 81
https://drive.google.com/folderview?id=1sQbRqCAoibnD8a6qmllgHrN3zWiEy8Rb

๐ŸŒŸ 1 Samuel 13:13(TB)
Kata Samuel kepada Saul: “Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.

๐Ÿ’ก Komitmen adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang sudah mengambil keputusan untuk percaya kepada Tuhan Yesus, yaitu komitmen untuk taat kepada perintah-perintah-Nya dan setia mengikuti-Nya sampai garis akhir hidup.

๐Ÿ™ Doa:
Ya Tuhan, kuatkan setiap komitmen saya untuk dapat taat dan setia hidup dalam Firman-Mu saja. Amin.
~~~~~
Bacaan besok : 1 Samuel 15-17
Ungkapan doa : Mazmur 82

Kamis, 7 April 2022
~~~~~
๐Ÿ“– GEMASSplus SH KITAB – 2022
Membaca dan menggali firman Tuhan lebih dalam lagi โ€“ Santapan Harian Gemass edisi KITAB 1,2 SAMUEL

Bacaan hari ini : 2 Samuel 23:8-39
Doa โ‡’ Baca โ‡’ Renungkan โ‡’ Bandingkan โ‡’ Doa
~~~~~

TERMASUK ORANG SETIA

Adalah sebuah kebahagiaan apabila kita dapat masuk dalam daftar orang-orang terkenal. Perikop kita hari ini menguraikan daftar prajurit-prajurit yang gagah perkasa dan setia kepada Daud.

Jika dilihat dari sudut pandang manusia, kisah kepahlawanan cukup menjelaskan keberhasilan seseorang. Sebab itu, janganlah menganggap bahwa semua kisah ini terjadi berdasarkan kekuatan manusia. Dalam dua kisah yang diberikan, penulis menyatakan bahwa โ€œTuhan memberikan pada hari itu kemenangan yang besarโ€ (10, bdk. ayat 12). Namun tidak berarti bahwa usaha manusia tidak diperhitungkan oleh Tuhan. Anugerah Allah tidak menghilangkan tanggung jawab manusia. Tuhan akan memberikan kemuliaan yang lebih bagi mereka yang melakukan lebih baik. Tidak heran apabila daftar pahlawan terbagi dalam beberapa bagian.

Pertama, yang paling dihormati adalah tiga pahlawan yang dikisahkan dalam ayat 8-12. Kemudian ada tiga puluh pahlawan (24-39) yang diwakili kepahlawanan mereka melalui kisah tiga pahlawan yang mengambil air dari sumur Betlehem dengan cara menerobos perkemahan orang Filistin (13-17). Ada juga catatan khusus untuk Abisai, adik Yoab dan Benaya bin Yoyada, yang merupakan pemimpin dari ketiga puluh pahlawan tersebut, walau tidak sampai menyamai triwira yang telah dikisahkan sebelumnya (8-12).

Adanya tingkatan- tingkatan dari para pahlawan tersebut menyadarkan kita bahwa keberhasilan kita semata-mata anugerah Allah. Namun bukan berarti Tuhan tidak akan memperhitungkan hal itu sebagai hasil kerja kita. Maka dari itu, marilah kita dengan giat melayani Tuhan. Kita tahu bahwa apabila kita setia dalam perkara yang kecil, maka kita akan diberikan tanggung jawab dalam perkara besar (lihat Mat. 25:21, 23).

Renungkan: Hendaknya kita selalu ingat, bahwa jauh lebih terhormat masuk ke dalam daftar โ€œhamba-hamba yang setiaโ€ Tuhan daripada daftar pahlawan buatan manusia.

Sumber : Santapan Harian Gemass edisi Kitab 1,2 Samuel
https://www.su-indonesia.org
~~~~~
Bacaan besok : 2 Samuel 24:1-17 โ€“ Tinggikanlah Tuhan

๐Ÿ“– GEMASSplus LEKSIONARI
Tahun C
Minggu Pra Paskah VI
Kamis, 7 April 2022
~~~~~
HAMBA YANG MENDERITA
~~~~~
Bacaan hari ini:
Mazmur 31:9-16
Yesaya 53:10-12
Ibrani 2:1-9

Tersedia dalam apps GKI Layur
https://bit.ly/GKILayurApps
~~~~~
Bacaan hari ini memperlengkapi apa yang kita baca pada Minggu 10 April 2022  

Mazmur 31:9-16
Kepercayaan pemazmur akan kasih setia Tuhan menyakinkan dia akan kebaikan Tuhan (ay. 15), bahkan ketika teman-teman terdekatnya berencana untuk membunuhnya dan tekanan itu merusak kesehatannya (10-15). Pemazmur yang sedang menderita ini mempelajari dan menyadari kesetiaan Tuhan melalui penyelamatan demi penyelamatan di masa lalu. Pemazmur mengalami pertumbuhan iman di dalam penderitaan dan kesesakan yang dialaminya. Dia sangat sadar hidupnya tidak dapat dilepaskan dari anugerah Tuhan. Mungkin kita dapat mengatakan bahwa tanpa penderitaan kita sulit bertumbuh di dalam-Nya. Penderitaan hadir karena keberdosaan manusia, kita menjadi sengsara dan sesak karenanya, tetapi penderitaan juga adalah jalan menuju kehidupan iman yang bertumbuh. Bukankah Kristus datang untuk mengajarkan hal ini kepada kita.
 
โ–ถ๏ธ Mazmur 31:9-16 https://youtu.be/Yp0RhWcc2to

Yesaya 53:10-12
Yesaya 53 menggambarkan penderitaan seseorang yang mewakili orang lain. Di dalam nubuatan dan perkataan Tuhan, tergambar seorang hamba Tuhan yang akan melalui penderitaan, dia akan menjadi korban penebus salah, memberikan nyawanya ganti banyak orang. Dan atas kesediaannya menanggung penderitaan itulah pada akhirnya kemenangan itu hadir, terang itu akan datang. Kristus menggenapi nubuatan Yesaya ini. Kristus telah memberikan diri – Nya, nyawa – Nya sebagai ganti nyawa kita, para pemberontak Allah. Kasih karunia yang besar ini harusnya mengubah penerimanya untuk mati bagi dosa dan hidup bagi kebenaran. Sudahkah kita melakukannya?

Ibrani 2:1-9
Anak Allah yaitu Yesus Kristus telah mengerjakan keselamatan untuk dunia. Yesus memberikan diri untuk beberapa waktu harus menjadi lebih rendah dari pada malaikat sebelum dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat. Yesus harus mengambil bagian dari sifat kemanusiaan kita, menderita dan mati, supaya kita mendapat bagian dalam kemuliaan – Nya. Inilah berita Injil, berita keselamatan yang telah disampaikan oleh Tuhan Yesus sendiri, dipertegas oleh mereka yang mendengar – Nya. Dia juga memberikan kesaksian tentang diri – Nya melalui berbagai tanda, mujizat dan pemberian Roh Kudus. Bagaimana kita menanggapi berita sukacita ini, masihkah kita menyia-nyiakan anugerah – Nya ini?

Renungan pelengkap :
https://www.ykb-wasiat.org/wasiat.
~~~~~
Bacaan besok:
Mazmur 31:9-16
Yesaya 54:9-10
Ibrani 2:10-18